Dampak Erupsi Gunung Raung, 152 Penumpang Gagal Terbang ke Bali

Dampak Erupsi Gunung Raung, 152 Penumpang Gagal Terbang ke Bali
Gunung Raung erupsi. Foto: dok.Jawa Pos

jpnn.com - BALIKPAPAN - Dampak dari erupsi Gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur sampai ke Kota Minyak, Balikpapan. Satu penerbangan menuju Denpasar terpaksa dibatalkan lantaran ditutupnya sementara Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Sebanyak 152 calon penumpang dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman pun batal pulang kampung dan berwisata ke pulau Dewata. Jika tidak ada force majeur, ratusan penumpang ini akan bertolak dari Sepinggan menggunakan maskapai Citilink.

"Betul, penerbangan Citilink dari Bandara Sepinggan ke Ngurai Rai di-cancel gara-gara erupsi Gunung Raung. Ada 152 calon penumpang yang tidak berangkat ke Bali. Semuanya kita lakukan refund full, 100 persen," kata Distrik Sales Manager Citilink, Rademtus Pramono saat dikonfirmasi Balikpapan Pos (grup JPNN), Jumat (10/7) siang.

Pramono menjelaskan, seluruh calon penumpang Citilink tidak ada keberatan saat uangnya dikembalikan. Faktor force mejeur ternyata dipahami calon penumpang.  

"Citilink di Bandara Sepinggan ada tiga penerbangan dalam seminggu, setiap Jumat, Minggu dan Senin. Untuk penerbangan hari ini (kemarin) resmi dibatalkan, untuk jadwal hari Minggu dan Senin apakah dibuka atau tidak masih menunggu informasi dibuka Bandara Ngurah Rai," sambung Pramono.

Bukan hanya di Balikpapan, penerbangan Citilink di seluruh Indonesia juga dibatalkan menuju Denpasar dan Lombok.

President & CEO Citilik Indonesia Albert Burhan menjelaskan, dasar kebijakan untuk tidak melakukan operasi penerbangan dari dan ke Denpasar serta Lombok demi keamanan dan keselamatan penerbangan. "Bagi kita, dua hal paling kita utamakan saat ini,” sebut Albert Burhan.

Albert menambahkan sedikitnya ada 27 penerbangan Citilink Indonesia yaitu rute pulang pergi (PP) Jakarta–Denpasar, Surabaya–Lombok, Surabaya–Denpasar, Bandung–Denpasar, Bandung–Lombok,Balikpapan– Denpasar.

BALIKPAPAN - Dampak dari erupsi Gunung Raung, Bondowoso, Jawa Timur sampai ke Kota Minyak, Balikpapan. Satu penerbangan menuju Denpasar terpaksa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News