Sabtu, 24 Agustus 2019 – 05:02 WIB

Dampak Penurunan Tarif Batas Atas, Maskapai Kurangi Rute Penerbangan

Kamis, 30 Mei 2019 – 13:24 WIB
Dampak Penurunan Tarif Batas Atas, Maskapai Kurangi Rute Penerbangan - JPNN.COM

Pesawat Garuda Indonesia. Ilustrasi Foto: Jawa Pos Group/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Keputusan pemerintah menurunkan Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat ternyata justru membebani maskapai. Maskapai penerbangan pun melakukan sejumlah penutupan rute-rute yang dinilai tidak menguntungkan untuk mengurangi beban keuangan akibat penurunan TBA.

Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengatakan penutupan rute tersebut dapat merugikan masyarakat di wilayah yang rutenya ditutup. “Akses ke sana akan sulit begitu pun dengan mereka juga akan kesulitan akses untuk ke wilayah lain,” ujarnya.

Apalagi, beberapa rute yang ditutup merupakan rute yang menghubungkan beberapa wilayah ke Indonesia Timur seperti Langgur, Maluku Tenggara.

Dia mengatakan jika memang pemerintah ingin maskapai tetap mempertahankan sejumlah rute yang telah ditutup maka harus konsisten dengan memberikan subsidi ke maskapai di rute tersebut.

“Seperti rute Belitung - Singapura itu kan dibuka tetapi pemerintah memberikan subsidi kepada Garuda sekitar Rp 8 miliar tetapi ternyata belum dibayarkan jadi pemerintah ya harus konsisten. Pada dasarnya maskapai kan tetap harus untung,” urainya.

BACA JUGA: Harga Tiket Pesawat Mahal, Konsumsi Avtur Turun

Sebelumnya, Garuda Indonesia memaparkan untuk mempertimbangkan menutup sejumlah rute akibat penurunan TBA. Selama ini, Garuda melakukan subsidi silang terhadap sejumlah rute yakni beberapa rute gemuk seperti Jakarta - Jogja, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Denpasar, Jakarta - Semarang dan lainnya mensubsidi rute yang rugi.

Hanya saja, penutupan ini akan disesuaikan dengan kebijakan subsidi masing-masing pemerintah daerah. Jika pemerintah daerah menyediakan subsidi, maka rute tetap diterbangi, namun jika tidak, akan ditutup.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar