Dampingi Moeldoko, Alumni Sekolah Staf Presiden Hadiri Konferensi Pangan Dunia

Dampingi Moeldoko, Alumni Sekolah Staf Presiden Hadiri Konferensi Pangan Dunia
Alumni Sekolah Staf Presiden (SSP) Bayu Teguh Samudra dan Anansia Siena. Foto: dok. KSP

jpnn.com, JAKARTA - Alumni Sekolah Staf Presiden (SSP) memenuhi undangan badan pangan dunia atau FAO (Food and Agriculture Organization) di Roma, Italia, Senin (16/10).

Mereka bergabung bersama delegasi dari sejumlah negara guna memperingati Hari Pangan Sedunia dalam World Food Forum (WFF) 2023.

WFF merupakan forum internasional yang menghadirkan dialog dari berbagai pemangku kepentingan global, termasuk para pemimpin negara, petani, dan pemuda. Tujuannya membahas strategi pasokan pangan di seluruh dunia untuk masa depan.

FAO mengundang alumni SSP ini sebagai lesson learned program pemberdayaan pemuda kepada dunia. Organisasi dibawah PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) ini melihat program SSP ini bisa menjadi model baru yang bisa diterapkan di berbagai negara. Terlebih FAO kini tengah memberi perhatian pada isu kepemudaan untuk regenerasi petani.

Alumni yang hadir ialah Bayu Teguh Samudra (angkatan pertama SSP) dan Anansia Siena (angkatan kedua SSP). Mereka mendampingi Kepala Staf Kepresidenan Dr. Moeldoko yang diundang FAO menjadi pembicara kunci.

“Saya diminta membagikan pengalaman sukses program SSP sebagai program pembelajaran bagi dunia, khususnya dalam hal pemberdayaan pemuda,” kata Moeldoko di Roma, Italia.

Dalam surat resmi yang disampaikan Qu Dongyu, Direkur Jenderal FAO, pihaknya berharap Moeldoko dapat mengenalkan program kepemudaan dan menyuarakan call for action bagi para pemuda di Forum Pemuda Global WFF (WFF Global Youth Forum).

Diketahui, Sekolah Staf Presiden merupakan program yang diadakan Kantor Staf Presiden Indonesia sejak tahun lalu. Program ini menyeleksi 35 pendaftar yang memenuhi kualifikasi dari puluhan ribu pelamar di setiap angkatan.

Alumni Sekolah Staf Presiden mendampingi Moeldoko menghadiri konferensi pangan dunia di Roma.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News