Dana Asing Di Bursa Turun 36 Persen

Dana Asing Di Bursa Turun 36 Persen
Dana Asing Di Bursa Turun 36 Persen
JAKARTA--Meski perekonomian Indonesia tidak terimbas secara signifikan dampak pelambatan ekonomi global terutama di Eropa dan Amerika Serikat (AS) namun aliran dana asing (capital inflow) ke pasar modal dalam negeri  tersendat. Total capital inflow sampai dengan akhir pekan kemarin turun 36,76 persen menjadi Rp 15,36 triliun dari Rp 24,29 triliun pada akhir 2011.

Head of Research Division Bursa Efek Indonesia (BEI), Poltak Hotradero, mengatakan perlambatan ekonomi dunia menjadi penyebab utama turunnya aliran dana asing ke pasar modal Indonesia. Pada kuartal pertama 2012, kata Poltak, aliran dana asing sebenarnya masuk deras ke pasar modal Indonesia dengan pembelian bersih secara kumulatif (foreign net buy) sebesar Rp 10,02 triliun. Namun pada kuartal kedua mulai terjadi jual bersih (foreign net sell) cukup signifikan senilai Rp 8,19 triliun.

Memasuki kuartal ketiga seiring dengan perbaikan ekonomi dunia, aliran dana asing di BEI kembali menguat menjadi Rp 14,35 triliun. Akan tetapi pada tiga bulan terakhir menjelang pergantian tahun ini investor asing kembali mencatatkan penjualan bersih meskipun relatif tipis senilai Rp 817,49 miliar.

Pada penutupan perdagangan Jumat (21/12) akhir pekan kemarin investor asing masih mencatatkan penjualan bersih harian senilai Rp 53,2 miliar. Meski begitu secara kumulatif sejak awal tahun investor asing masih mencatatkan pembelian bersih senilai Rp 15,36 triliun.

JAKARTA--Meski perekonomian Indonesia tidak terimbas secara signifikan dampak pelambatan ekonomi global terutama di Eropa dan Amerika Serikat (AS)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News