JPNN.com

Dana Asing Keluar, RI Tetap Percaya Diri

Jumat, 10 Desember 2010 – 03:21 WIB
Dana Asing Keluar, RI Tetap Percaya Diri - JPNN.com
Dana Asing Keluar, RI Tetap Percaya Diri
JAKARTA — Dalam sepekan pertama bulan Desember, dana asing yang mengalir keluar (capital outflow) tercatat mencapai Rp4,18 triliun. Angka yang cukup tinggi ini mayoritas berasal dari keluarnya investasi asing di Surat Berharga Negara (SBN). Sebelumnya sampai bulan November, capital outflow tercatat sekitar Rp13,2 triliun.

Namun pada wartawan saat ditemui di Kementrian Keuangan, Kamis (9/12), Kepala Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Fuad Rachmany mengatakan bahwa kondisi tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

"Buktinya dampak ke Indonesia tidak terjadi apa-apa. Ini menunjukkan bahwa kekuatan ekonomi Indonesia saat ini sangat bagus. Nilai tukar Rupiah kita juga tidak anjlok. Jadi tidak perlu ada yang dikhawatirkan," kata Fuad.

Sementara itu, berdasarkan rilis yang dikeluarkan Bank Indonesia dijelaskan bahwa keluarnya dana asing disebabkan berkurangnya kepemilikan asing pada SBI yang mencapai Rp5,89 triliun. Penurunan ini terjadi dalam sepekan terakhir karena sentimen pasar negatif.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
agus