Dana BOS Belum Cair, Sekolah Kelabakan

Dana BOS Belum Cair, Sekolah Kelabakan
Dana BOS Belum Cair, Sekolah Kelabakan
SORONG- Akibat dana Bantuan Operasional (BOS) belum cair sejumlah sekolah kelabakan. Karena tidak ada lagi dana operasional. "Akibatnya, semua kegiatan belajar terganggu, karena memang kami tidak memiliki sumber dana lain, selain dari BOS," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Sorong, Hermi S Matandung dihadapan komisi A DPRD kota Sorong.

   

Hermin mengakui akibat dana BOS belum turun maka banyak sekolah yang kelabakan. Pasalnya untuk operasional sekolah seperti perlengkapan dan persiapan sekolah dalam proses belajar mengajar menjadi terganggu terutama soal ATK hingga kapur tulis yang banyak dibutuhkan dan diambil dari dana BOS tersebut. “Memang seharusnya dana BOS itu turunnya triwulan tapi sekarang belum ada dana BOS,”kata Hermin dihadapan para wakil rakyat kemarin.

   

Menyikapi kondisi tersebut, Hermin mengatakan bahwa instansinya telah melakukan berbagai upaya yakni dengan melobi Pemprov Papua Barat dan pusat namun hasilnya hanya bisa menunggu hingga dana tersebut turun dan diterima oleh sekolah. “Saya sudah berupaya semaksimal mungkin tapi ya semua kembali lagi. Kita hanya bisa menunggu sampai dana BOS tersebut turun,”harapnya.

   

Soal banyaknya sekolah yang kelabakan lantaran dana BOS belum turun, Hermin menjelaskan pihaknya hanya bisa menyampaikan kepada pihak sekolah untuk bersabar dan menggunakan peralatan dan operasional sekolah yang ada sementara sambil menunggu dana BOS turun. “Memang ini satu tantangan di SD dan SMP,”ungkapnya seraya menambahkan saat ini SD dan SMP tidak bisa memungut biaya dari siswa dalam bentuk apapun.(reg/tan)

SORONG- Akibat dana Bantuan Operasional (BOS) belum cair sejumlah sekolah kelabakan. Karena tidak ada lagi dana operasional. "Akibatnya, semua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News