Dana BOS Langsung Ditransfer ke Kabupaten/kota

Dana BOS Langsung Ditransfer ke Kabupaten/kota
Dana BOS Langsung Ditransfer ke Kabupaten/kota
JAKARTA - Mulai 2011 nanti, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan dimasukkan sebagai dana transfer pusat ke daerah. Karena itu, nantinya dana BOS tidak lagi dikelola oleh pusat maupun provinsi, tetapi langsung masuk ke dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) masing-masing kabupaten/kota.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional, Didik Suhardi, mengatakan, kebijakan ini ditempuh untuk mempercepat penyaluran BOS sekaligua untuk melokalisir jika terjadi keterlambatan dalam penyalurannya. "Karena uangnya langsung masuk kabupaten maka akan mempercepat penyaluran BOS. Kalau ada hambatan bisa dilokalisir di salah satu kabupaten saja," kata Didik di Gedung Kemendiknas, Jakarta, Kamis (26/8).

Lebih lanjut Didik menjelaskan, dengan pola lama keterlambatan di tingkat provinsi dapat berakibat terlambatnya penyaluran di semua kabupaten. Karena itu dengan langsung ditransfer ke kabupaten/kota, kata dia, jika terjadi keterlambatan maka dapat secepatnya dilokalisir di satu titik.

Dia mencontohkan, jika terjadi keterlambatan penyaluran di Kabupaten Bogor, maka di kabupaten lain seperti di Jawa Barat tidak ada yang terlambat. "Kemungkinan terlambat jika terjadi pergantian pemimpin daerah," jelasnya.

JAKARTA - Mulai 2011 nanti, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) akan dimasukkan sebagai dana transfer pusat ke daerah. Karena itu, nantinya dana

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News