Dana Infrastruktur Difokuskan Bangun 11 Ruas Jalan Strategis

Dana Infrastruktur Difokuskan Bangun 11 Ruas Jalan Strategis
Dana Infrastruktur Difokuskan Bangun 11 Ruas Jalan Strategis
JAYAPURA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Provinsi Papua, Jansen Monim mengatakan Pemerintah Pusat tahun ini menganggarkan Rp 5,2 triliun untuk proyek pembangunan jalan trans Papua dan Papua Barat. Dari jumlah anggaran itu, Provinsi Papua mendapat Rp 3 triliun lebih, sedangkan Papua Barat sekitar Rp 2 triliun.

 

Jansen menjelaskan bahwa dana infrastruktur untuk di Provinsi Papua akan difokuskan untuk pembangunan 11 ruas jalan strategis, bukan jalan trans. "Tapi kalau untuk Provinsi Papua Barat memang difokuskan untuk pembangunan jalan trans Papua yakni Manokwari ke Sorong," paparnya saat ditemui Cenderawasih Pos  di sela-sela acara Pengukuhan Dewan Pengurus Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Papua di AJHCC, Selasa (7/2).

 

Pembangunan 11 ruas jalan strategis di Provinsi Papua itu di antaranya Jayapura sampai Sarmi, Nabire sampai di Enarotali, Wamena sampai ke Tiom hingga Puncak, kemudian Merauke ke Muting hingga ke Pegunungan Bintang. "Dana infrastruktur ini sifatnya berkelanjutan, sehingga setiap tahunnya selalu dianggarkan oleh pemerintah pusat dalam pembangunan infrastruktur di Papua, apalagi sebenarnya pembangunan jalan tersebut sudah cukup lama dilakukan," tuturnya.

 

Jansen Monim mengungkapkan dana infrastruktur otsus pada pasal 34 huruf f pada tahun lalu dialokasikan oleh pemerintah pusat sekitar Rp 800 miliar untuk Papua. Kemudian pada tahun anggaran 2011, Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam pidatonya 17 Agustus 2011 menyatakan Papua akan mendapatkan dana infrastruktur otsus sebesar Rp 1 triliun, namun ternyata saat ini turun menjadi Rp 571 miliar.   "Nah, ini yang perlu dipertanyakan. Bagaimana janji presiden itu," kata Jansen Monim.

 

JAYAPURA - Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Provinsi Papua, Jansen Monim mengatakan Pemerintah Pusat tahun ini menganggarkan Rp 5,2 triliun

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News