Dana Kampanye Nasdem Rp 41 Miliar

Jadi Parpol Pertama Laporkan Penerimaan Dana Kampanye

Dana Kampanye Nasdem Rp 41 Miliar
Dana Kampanye Nasdem Rp 41 Miliar

jpnn.com - JAKARTA - Batas waktu penyampaian laporan penerimaan dana kampanye tinggal dua hari lagi. Namun, baru Partai Nasdem yang menjadi peserta pemilu yang pertama melaporkan penerimaan dana kampanye ke Komisi Pemilihan Umum.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasdem, Ferry Mursyidan Baldan mengantarkan laporan penerimaan dana kampanye itu ke Kantor KPU, Selasa (24/12). Ferry menyatakan, penerimaan dana kampanye Partai Nasdem terdiri atas sumbangan badan usaha Rp 14,8 miliar dan hasil sumbangan partai atau para calon legislatif Rp 26,3 miliar.

"Tidak semua dalam bentuk uang. Banyak berupa logistik pemilu seperti bendera, kaus, billboard, dan lain-lain. Kemudian, kami konversikan menjadi Rp 41 miliar itu," ujar Ferry di Kantor KPU.

Menurutnya, jumlah laporan penerimaan itu baru berstatus penerimaan awal. Proses penerimaan dana kampanye tidak pernah berhenti mengingat tidak ada batasan waktu. Ferry belum bisa memastikan total nilai penerimaan dana kampanye Partai Nasdem nanti.

"Tidak bisa kami target berapa jumlah final nanti. Menyesuaikan dengan apa yang kami lakukan," jelasnya.

Terkait laporan dana kampanye caleg, Ferry menyatakan bahwa hal itu sudah diintegrasikan Partai Nasdem dalam laporan tersebut. Dia menjelaskan, kebijakan internal Partai Nasdem adalah membatasi dana yang digunakan para caleg. Batasan itu ditentukan berdasar kepantasan mengeluarkan biaya.

"Kalau berlebihan, tidak efektif. Bagaimana kemampuan dia berkomunikasi (lebih penting). Jangan sampai ada anggapan untuk menjadi politisi, kita membutuhkan dana besar," jelas mantan politikus Partai Golongan Karya itu.

Di antara 559 daftar calon tetap (DCT) DPR RI Partai Nasdem, Ferry menyebut masih ada tiga caleg yang belum melaporkan penerimaan awal dana kampanye. Namun, Ferry tidak bersedia menyebut nama caleg tersebut.

JAKARTA - Batas waktu penyampaian laporan penerimaan dana kampanye tinggal dua hari lagi. Namun, baru Partai Nasdem yang menjadi peserta pemilu yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News