Dana Partai Rp 1 Triliun Hanya Bikin Citra Jokowi Makin Runyam

Dana Partai Rp 1 Triliun Hanya Bikin Citra Jokowi Makin Runyam
Dana Partai Rp 1 Triliun Hanya Bikin Citra Jokowi Makin Runyam

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Yamin Tawari menilai, wacana yang digulirkan Mendagri Tjahjo Kumolo agar APBN mengalokasikan dana Rp 1 triliun untuk partai politik menunjukkan pemerintah tidak peka terhadap kesulitan yang tengah dihadapi masyarakat yang terbebani kenaikan harga kebutuhan pokok.

“Masyarakat bingung karena daya belinya melemah akibat nilai tukar dolar yang terus naik melewati Rp 13.000. Secara bersamaan, Mendagri mengusulkan agar APBN megalokasikan anggaran Rp1 triliun untuk partai politik. Ini menunjukkan dia tidak sensitif terhadap kesulitan masyarakat," kata Yamin Tawari di Jakarta, Rabu (11/3).

Sebagai politisi yang lama aktif dalam panggung politik, Yamin tak menampik bahwa parpol membutuhkan dana untuk berbagai kegiatan kepartaian baik di pusat maupun di daerah, termasuk kaderisasi pemimpin seperti diinginkan Mendagri.

"Tapi, situasi ekonomi yang sulit, kehidupan masyarakat yang juga makin sulit serta tingkat kepercayaan publik yang cendrung rendah terhadap parpol dan elitenya, membuat wacana pemberian dana parpol menjadi sangat ironis," ujar Yamin.

Alumnus Magister Komunikasi Politik UI ini mengingatkan agar pemerintah mempertimbangkan dengan bijak usulan dana parpol yang justru  berpotensi bisa menimbulkan reaksidari kelompok civil society dan dapat berujung pada instabilitas keamanan.

“Karena itu, Perindo tidak ingin citra Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla yang menurun, bertambah runyam, hanya karena usulan dana parpol yang memang terkesan memanjakan parpol dan para elitenya," tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua DPP Perindo Bidang Hubungan Antar-lembaga ini menyatakan, sesungguhnya parpol masih bisa bergerak melakukan kaderisasi untuk menghasilkan calon pemimpin berkualitas dan aktivitas lainnya, jika para elite parpol itu membangun sikap keteladanan.

“Jadi, parpol dan para elitenya bisa membangun kepercayaan publik dengan secepatnya mengubah paradigma partai dan elite yakni memberi teladan dan sikap kejujuran dalam menghadapi setiap persoalan di masyarakat. Jika itu sudah dilakukan, rakyat akan percaya dan mau membantu partai,” pungkas Yamin.(fas/jpnn)

JAKARTA - Ketua DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Yamin Tawari menilai, wacana yang digulirkan Mendagri Tjahjo Kumolo agar APBN mengalokasikan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News