JPNN.com

Dana Zakat Turun Drastis, Kenapa Ya?

Jumat, 08 Juli 2016 – 08:22 WIB Dana Zakat Turun Drastis, Kenapa Ya? - JPNN.com
Ilustrasi pembagian zakat. Foto: Pojok Pitu

BALIKPAPAN - Dana zakat infak dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Balikpapan mengalami penurunan. Dana itu dikumpulkan dari seluruh masjid dan musala di enam kecamatan di Balikpapan.

Itu sudah termasuk dana ZIS yang dihimpun dari Lembaga Amil Zakat (LAZ) dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Balikpapan.

“Ini sifatnya masih sementara, di mana dari data yang terkumpul hingga, Rabu (6/7) pukul 01.30 Wita dini hari dana ZIS mencapai Rp 30.223.703.340. Tapi, ini masih bisa bertambah lagi karena masih ada beberapa masjid yang belum melaporkan data mereka,” kata Ketua Panitia, Zubaidah.

Ia mengatakan, pengumpulan data ini dilakukan oleh tim dari Kemenag sejak tujuh hari sebelum Lebaran dan akan berakhir tujuh hari setelah Lebaran.

“Kami optimistis perolehan ZIS Balikpapan tahun mengalami kenaikan hingga sepuluh persen dari tahun sebelumnya,  tapi melihat kondisi ekonomi saat ini akan terjadi penurunan dari target. Di mana target Rp 4 miliar. Yah semoga saja target tercapai,” harapnya.

Plt Kemenag Balikpapan Alfi Taufiq menjelaskan, sejak beberapa hari yang lalu, pihaknya sudah melakukan pengumpulan data dari sejumlah LAZ di Balikpapan.

Memang katanya, tahun ini ZIS mengalami penurunan dari masing-masing lembaga.

Penurunan tersebut diperkirakan mencapai 30 hingga 40 persen. Penurunan selain disebabkan faktor ekonomi para muzaki banyak yang kembali ke kampung asalnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...