Dapat Bantuan Bibit Gratis, Ilyas Bisa Raih Gelar Doktor

Dapat Bantuan Bibit Gratis, Ilyas Bisa Raih Gelar Doktor
Ilyas, anggota kelompok tani hutan Taepa Daeng di Takalar. Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, TAKALAR - Program pembagian bibit gratis yang dilakukan Balai Perbenihan Tanaman Hutan (BPTH) Wilayah II Sulawesi Selatan (Sulsel) sangat bermanfaat buat Ilyas, salah seorang anggota kelompok tani hutan (KTH) Taepa Daeng yang ada di Takalar.

Pasalnya, dengan pemanfaatan program tersebut, Ilyas bisa melanjutkan kuliah hingga S3 dan mendapatkan gelar doktor. “Ya untungnya dengan program ini, saya bisa dapat gelar doktor,” ujar Ilyas kepada wartawan, Jumat (27/9).

Ilyas menuturkan, dia mendapatkan bantuan bibit gratis ini sejak 2015. Dengan lahan 20 hektare yang ada di lereng bukit, dia menanam pohon jati putih dan sebagian tanaman tersebut telah dipanen. Hasil penjualannya mencapai Rp 150 juta.

Uang tersebut, kata Ilyas dia manfaatkan untuk kuliah dan mendapat gelar S3. “Saya sudah dua kali panen, tahun ini juga rencananya akan panen lagi,” sambung Ilyas.

Selain itu, program pembagian bibit juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Menurut Ilyas, dia telah mempekerjakan warga sekitar untuk penanaman. “Saya juga berbagi dengan masyarakat sekitar,” tambahnya. (cuy/jpnn)

Ilyas menuturkan, dia mendapatkan bantuan bibit gratis ini sejak 2015. Hasil penjualannya mencapai Rp 150 juta.


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News