Dari Kostum Pemain, Hingga Seragam Suporter

Dari Kostum Pemain, Hingga Seragam Suporter
KEPASTIAN - Dua anggota skuad Italia, Alberto Gilardino (kiri) dan Riccardo Montolivo, dalam salah satu sesi latihan. Nama mereka termasuk yang belum bisa dipastikan pelatih Marcello Lippi, kendati deadline daftar akhir skuad dari FIFA adalah hari ini, Senin (1/6). Foto: Getty Images/FIFA.com.
HARI-H alias kickoff Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan (Afsel) tinggal menghitung hari. Sepanjang hari-hari ini, berbagai berita pun kian ramai muncul di seputar even akbar empat tahunan itu. Baik itu berita yang berhubungan dengan situasi-kondisi di dalam lapangan atau mengenai tim-tim peserta PD 2010, maupun berbagai pernik lainnya di luar lapangan yang menyangkut penyelenggaraan ajang perdana di benua Afrika tersebut. Pernak-pernik menarik mulai dari masalah kostum tim, kritik atas bola resmi Jabulani, keberadaan wasit, hingga soal seragam fans alias suporter.

Dari sisi kesiapan kontestan, selain berbagai pemusatan latihan berikut partai ujicoba yang kini tengah dijalani, fokus para pelatih timnas adalah pada keberadaan skuad mereka. Khususnya pada hari ini, Senin (1/6), di mana merupakan deadline FIFA bagi pendaftaran skuad final setiap kontestan dengan jumlah pemain maksimal 23 orang. Daftar itu sendiri, sebagaimana ketentuan yang sudah disebutkan FIFA, bakal dirilis secara resmi pada 4 Juni mendatang.

Sejauh ini, dalam hal skuad ini, sebenarnya sudah banyak juga negara yang lebih dulu mengumumkan daftar final para pemain yang akan dibawanya itu. Sejumlah negara bahkan sudah 'mendarat' di Afsel, dengan tujuan untuk dapat beradaptasi lebih maksimal dalam waktu yang lebih panjang. Hanya saja, sebagian kontestan - termasuk tim favorit - masih cenderung kesulitan menentukan susunan timnya. Sebut saja di antaranya tiga tim, yakni Inggris, Italia dan Jerman.

Ada sejumlah opsi dan pertimbangan agaknya, kenapa tiga tim favorit itu belum memastikan skuad resmi mereka. Marcello Lippi misalnya. Pelatih Italia itu hingga kini masih menghadapi dilema untuk memilih lima pemain yang harus meninggalkan kamp latihan timnya. Sementara Joachim Loew selaku pelatih Jerman, masih bingung untuk memutuskan apakah dia akan membawa enam striker atau harus dikurangi. Sedangkan di kubu Inggris, Fabio Capello masih menunggu perkembangan sejumlah pemainnya yang kondisinya belum fit.

HARI-H alias kickoff Piala Dunia (PD) 2010 di Afrika Selatan (Afsel) tinggal menghitung hari. Sepanjang hari-hari ini, berbagai berita pun kian ramai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News