Dari Lima Pimpinan KPK Terpilih, Ibu Jenderal yang Paling Tajir

Dari Lima Pimpinan KPK Terpilih, Ibu Jenderal yang Paling Tajir
Basaria Panjaitan. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Irjen Pol Basaria Panjaitan merupakan perempuan pertama yang akan menduduki kursi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Berdasar penelusuran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di kpk.go.id, staf ahli sosial dan politik Kapolri itu memiliki total harta kekayaannya sebesar Rp 9,89 miliar. 

Dia tercatat terakhir kali menyerahkan LHKPN ke KPK pada Mei 2015. Basaria memiliki kekayaan berupa harta bergerak, harta tidak bergerak, dan giro serta setara kas.

Disebutkan, harta tidak bergerak milik Basaria berupa tanah dan bangunan senilai Rp 8,89 miliar. Tak kurang dari sepuluh bidang tanah dan bangunan tercatat dalam LHKPN polwan lulusan Sepamilsukwan tahun 1984 ini. 

Di antaranya ada tanah dan bangunan di Medan, Tangerang, tiga bidang tanah di Batam, sebuah rumah di Jakarta, dua bidang tanah di Lombok Barat, serta dua bidang tanah dan bangunan di Bekasi. 

Tak hanya itu, Basaria juga memiliki bergerak berupa logam mulia senilai Rp 550 juta, serta giro dan setara KAS senilao Rp 460 juta. 

Diketahui, harta kekayaan yang dimiliki Basaria lebih besar apabila dibandingkan dengan harta yang dimiliki empat pimpinan lainnya.

Sebut saja mantan Staf Ahli Badan Intelijen Negara (BIN) Saut Situmorang yang total hartanya berjumlah Rp1,73 miliar dan  USD 20.000. 

JAKARTA – Irjen Pol Basaria Panjaitan merupakan perempuan pertama yang akan menduduki kursi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Berdasar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News