Dari Offline ke Online, Persandian Indonesia Punya Sejarah Perjuangan Panjang

Dari Offline ke Online, Persandian Indonesia Punya Sejarah Perjuangan Panjang
Peluncuran buku Offline to Online 75 Tahun Siber dan Sandi Mengabdi" oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Foto: dok BSSN

jpnn.com, JAKARTA - Peran persandian sangat melekat dengan perjalanan panjang pembangunan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan hingga mempertahankannya saat ini.

Di masa lalu, persandian memiliki peran memastikan pengamanan berita dan informasi rahasia negara sehingga tidak mengganggu pertahanan nasional.

Hal itu adalah salah satu poin penting dalam buku "Offline to Online 75 Tahun Siber dan Sandi Mengabdi" yang diluncurkan oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Peluncuran buku itu dilakukan dalam diskusi bertajuk '#SiberminBaper: Kita & Kisah yang Pernah Ada' di Yogyakarta pada akhir Agustus lalu.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia ke-76.

Kepala BSSN Hinsa Siburian menjelaskan bahwa buku tersebut merupakan bunga rampai yang berisi tentang catatan sejarah perintisan, perkembangan, dan pengabdian sejak masa lalu hingga saat ini.

Di awal masa perintisan, Dinas Kode adalah cikal bakal BSSN yang dibentuk untuk melindungi dan memperkuat perjuangan bangsa dalam mempertahankan kemerdekaan.

Kini, BSSN memiliki tugas utama untuk mengelola keamanan ranah siber nasional.

Persandian memiliki peran memastikan pengamanan berita dan informasi rahasia negara sehingga tidak mengganggu pertahanan nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News