Provinsi Jateng Raih Penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara

Provinsi Jateng Raih Penghargaan dari Badan Siber dan Sandi Negara
Pemprov Jateng menerima penghargaan dari BSSN. Foto; Instagram

jpnn.com, DEPOK - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menganugerahkan Provinsi Jawa Tengah karena terpilih sebagai salah satu instansi pemerintah daerah terbaik dalam Kategori Tingkat Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Sektor Pemerintah Terbaik Periode 2018 - 2020. Dalam hal ini adalah sistem elektroniknya.

Penganugerahan diberikan oleh Sekretaris Utama BSSN Syahrul Mubarak kepada Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jawa Tengah, Riena Retnaningrum di Auditorium Kantor BSSN Jalan Raya Muchtar Nomor 70, Kelurahan Bojongsari Lama, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Senin (9/11/2020).

Syahrul Mubarak mengatakan, BSSN menganugerahkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai pemerintah daerah terbaik dalam Kategori Tingkat Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Sektor Pemerintah Terbaik Periode 2018 – 2020.

Penghargaan diberikan karena yang bersangkutan telah menjalankan tingkat maturitas keamanan pada sistem elektroniknya. “Salah satu yang mendapatkan adalah Provinsi Jawa Tengah,” kata Syahrul usai acara di lokasi.

Menurutnya, apresiasi itu diberikan melalui satu penilaian dari standar yang dimiliki BSSN dan tingkat maturitas atau tingkat penerapan keamanan sistemnya dinilai baik. Dia menambahkan, standarisasi atau kriteria mendapatkan penghargaan adalah bagusnya sumber dayanya, tata kelola sisi informasi, dan lainnya.

Kendati demikian, lanjut Syahrul, BSSN menilai ada hal yang tetap harus dibenahi Jawa Tengah adalah keamanan sistem informasinya dalam bidang siber.

Mengingat, ancaman dan kerentanan bidang siber masih berpotensi terjadi. Hal itu berlaku untuk semua instansi hanya Jawa Tengah tapi juga instansi lain. Pembenahan penting itu adalah sumber daya manusia.

“Maka yang paling penting adalah sumber daya manusia. Kita akui memang di beberapa institusi, di kementerian atau instansi pemerintah daerah, untuk meningkatkan secara kualitatif, kuantitatif, sumber daya manusia banyak memiliki kendala,” bebernya.

BSSN menganugerahkan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sebagai pemerintah daerah terbaik dalam Kategori Tingkat Profil Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Sektor Pemerintah Terbaik Periode 2018 – 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News