Dari Purwokerto Hingga Amamapare Papua, Bea Cukai Bagikan Masker ke Masyarakat

Dari Purwokerto Hingga Amamapare Papua, Bea Cukai Bagikan Masker ke Masyarakat
Petugas Bea Cukai Purwokerto membagikan masker dan paket sembako kepada mayarakat terdampak pandemi Covid-19. Foto: Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-190, Bea Cukai menggalakkan pembagian masker ke masyarakat secara cuma-cuma, seperti yang terjadi di Purwokerto, Jawa Tengah dan Amamapare, Provinsi Papua.

Pada Senin (13/04), Bea Cukai Purwokerto menginisiasi program peduli lawan Covid-19 melalui kegiatan pembagian 1.000 helai masker non-medis.

Langkah ini pun sesuai imbauan WHO yang menyatakan masker bedah harus disediakan untuk petugas medis, sementara masyarakat bisa menggunakan masker berbahan kain untuk menutup wajah.

Selain membagikan masker, para petugas Bea Cukai Purwokerto juga membagikan paket sembako kepada mayarakat yang membutuhkan, khususnya yang terdampak pandemi Covid-19.

“Kami pun memberikan edukasi kepada masyarakat untuk turut serta memutus rantai penyebaran virus corona dengan tetap menjaga jarak aman minimal 1,5 – 3 meter,” kata Kepala Kantor Bea Cukai Purwokerto, Nelson Hasoloan.

Lebih lanjut, Nelson mengimbau masyarakat agar tetap di rumah. Jika mengharuskan keluar rumah maka masyarakat diingatkan tidak lupa menggunakan masker, selalu jaga kebersihan, sering melakukan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta disiplin dalam mematuhi instruksi dari pemerintah tentang penanganan Covid-19

Senada dengan langkah Bea Cukai Purwokerto, Kepala Bea Cukai Amamapare I Made Aryana dan jajarannya juga turun langsung mengantisipasi penyebaran Covid-19 dengan menyambangi tempat-tempat umum di Amamapare untuk membagikan masker.

“Mengingat virus corona sudah menjangkiti beberapa orang di Kabupaten Mimika, kami pun berinisiatif mendatangi berbagai tempat, yaitu Hotel Horison Ultima Timika, tempat ibadah pura, Kantor Kesehatan Pelabuhan, dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mimika untuk membagikan masker ke masyarakat,” ujarnya.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, Bea Cukai menggalakkan pembagian masker ke masyarakat seperti di Purwokerto dan Amamapare.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News