JPNN.com

Darmin Diharapkan Bisa Jaga Harmoni Pemerintah-BI

Jumat, 23 Juli 2010 – 16:47 WIB Darmin Diharapkan Bisa Jaga Harmoni Pemerintah-BI - JPNN.com
JAKARTA — Setelah DPR RI secara aklamasi memilih Darmin Nasution sebagai Gubernur BI, kini kiprah mantan Direktur Jenderal Pajak di Kementrian Keuangan tersebut dinantikan banyak pihak. Terutama terkait gebrakan Darmin bagi perekonomian nasional.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo kepada wartawan, Jumat (23/7) mengucapkan selamat dan menyambut gembira atas terpilihnya Darmin untuk mengisi kursi Gubernur BI yang sempat kosong. Agus yang pernah diusulkan menjadi kandidiat Gubernur BI namun ditolak DPR RI itu menilai Darmin memang pantas duduk di kursi Gubernur BI.

"Dilihat dari kompetensi, pengalaman, karakter dan integritasnya, beliau adalah yang paling tepat untuk menjadi Gubernur BI. Pak Darmin adalah seorang senior yang menurut saya sangat tepat untuk menduduki posisi tersebut," kata Agus.

Mantan Dirut Bank Mandiri itupun berharap dengan ditetapkannya Darmin sebagai Gubernur BI, kerjasama antara Kementrian Keuangan dengan Bank Indonesia untuk menjaga perekonomian nasional di sektor keuangan negara dapat dilakukan secara optimal.

"Yang paling utama menjaga keharmonisan antara bidang moneter dan bidang fiskal supaya kita bisa menjaga makro ekonomi Indonesia bisa tumbuh dengan baik, kuat dan berkesinambungan," katanya.

Agus menambahkan, dengan kiprah Darmin sebagai orang nomor 1 di BI itu maka kondisi perbankan nasional bisa semakin sehat. "Yakni bagaimana inflasi dan sistem pembayarannya bisa terjaga. Dan tentu perbankan yang semakin sehat karena kita tahu perbankan itu tantangannya cukup banyak dan kita tidak ingin perbankan kita membahayakan bagi himpunan dana masyarakat," kata Agus.

Hal senada juga disampaikan Menko Perekonomian Hatta Radjasa. Terpilihnya Darmin sebagai Gubernur BI diharapkan Hatta dapat memaksimalkan komunikasi antar lembaga yang mengurus perekonomian negara.

"Selamat kepada Pak Darmin menjadi Gubernur BI. Tentu ini membuat komunikasi antara Menko ekonomi dan BI dalam konteks koordinasi akan semakin kuat," kata Hatta.(afz/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...