Data Jumlah Hotel Tutup karena Corona, Bikin Sedih Banget

Data Jumlah Hotel Tutup karena Corona, Bikin Sedih Banget
Ketua Umum Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi B Sukamdani di Jakarta, Kamis (12/3). Foto: Elfany Kurniawan/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Hingga 6 April 2020, sebanyak 1.266 hotel telah tutup karena terdampak ganasnya virus corona jenis baru (COVID-19).

Ketua Umum Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Hariyadi Sukamdani yakin jumlah hotel yang tutup lebih banyak dari data tersebut.

"Laporan terakhir yang dinyatakan tutup 1.266 hotel per kemarin (Senin, 6/4) sore. Kalau yang real pasti lebih banyak karena kita berdasarkan laporan. Kalau tidak lapor kita tidak tahu," kata Hariyadi di Jakarta, Selasa (7/4).

Dari jumlah tersebut, Hariyadi memperkirakan ada lebih dari 150 ribu orang karyawan yang terdampak.

Meski diakuinya angka tersebut belum pasti karena pihaknya belum mendapatkan data yang lebih akurat.

Untuk usaha restoran, menurut Haryadi, sudah cukup banyak yang menutup usahanya dikarenakan sejumlah mal yang juga ditutup.

Namun, ia mengaku data mengenai restoran memang cukup sulit didapat karena bisnis tersebut dinilai paling tak disiplin ketika dimintai data.

Sementara untuk restoran yang melayani layanan pengantaran dan bawa pulang (take away), menurut Hariyadi jumlah sangatlah terbatas.

Ketum PHRI Hariyadi Sukamdani mengungkap jumlah hotel yang tutup karena terdampak langsung wabah virus corona COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News