Datangi Lokasi Longsor di Kebumen, Ganjar Relokasi Rumah Warga yang Rawan Bencana

Datangi Lokasi Longsor di Kebumen, Ganjar Relokasi Rumah Warga yang Rawan Bencana
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menyapa warga. Foto dok Pemprov Jateng

jpnn.com, KEBUMEN - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mendatangi salah satu lokasi longsor yang berada di Desa Karangduwur.

Pria 54 tahun ini juga menyoroti warga yang masih banyak tinggal di daerah rawan bencana longsor.

"Memang banyak tempat-tempat yang berada di area rawan yang berpotensi longsor tinggi. Kita memang harus mengedukasi masyarakat karena ini sudah pemberian, mereka berada di posisi yang tidak mudah," kata Ganjar di lokasi longsor, Selasa (15/11) sore.

Saat hari kejadian tanah longsor, Ganjar telah menginstruksikan jajarannya untuk mengirimkan alat berat ekskavator sebanyak tiga unit untuk melakukan pengerukan material tanah longsor dan pohon yang tumbang di ruas jalan desa.

Ganjar juga menemui Pak Pon dan istrinya untuk membujuk mereka agar pindah dan mendirikan rumah di tempat yang lebih aman.

Setelah dibujuk Ganjar, mereka pun luluh dan akhirnya memutuskan mendirikan rumah di tempat lain.

"Satu rumah ini hilang tertutup milik Pak Pon. Kalau kita lihat tempatnya seperti ini dan buat rumah di bawah sini lagi, kalau longsor ya bahaya. Alhamdulillah kami ajak bicara tadi, kami rayu agar membuat rumah di tempat yang lebih aman. Kita membantu, ada dari Sedulur Kebumen dan kami ingin bangun baru, dari desa dan kabupaten juga bantu," ucap Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar menyampaikan kepada warga lainnya yang masih bertahan di daerah rawan longsor untuk pindah ke tempat yang lenih aman.

Ganjar Pranowo menyoroti warga yang masih banyak tinggal di daerah rawan bencana longsor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News