Datangi Pesantren di Bandung, Kepala BP2MI: Perangi Sindikat PMI

Datangi Pesantren di Bandung, Kepala BP2MI: Perangi Sindikat PMI
Kepala BP2MI Benny Rhamdani BP2MI (kedua kanan) saat sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Pondek Pesantren Pesantren yang ada berada di Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Kamis (23/2/2023). Foto: Humas BP2MI

jpnn.com, BANDUNG - Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terus berupaya mengubah mindset publik.

BP2MI menggelar menggelar sosialisasi Penempatan dan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat pada Kamis (23/2/2023).

“Dahulu, kita mengenal istilah TKI atau TKW sekarang disebut BP2MI dan dipatenkan dengan istilah PMI (Pekerja Migran Indonesia). Sebutan ini tentu lebih manusiawi. Masyarakat juga mendapatkan berita terkait PMI di Timur Tengah yang bekerja di sektor pekerja rumah tangga, bukan pembantu rumah tangga. Ini karena mereka korban. Diberangkatkan secara tidak resmi oleh calo, sindikat penempatan,” kata Kepala BP2MI Benny Rhamdani dalam sambutannya.

Didampingi KH Ade Ahmad Hidayatulloh sebagai pimpinan Pondok Pesantren Wadhatut Tauhid, Benny membeberkan di hadapan ratusan warga santri bahwa nasib sial yang memakan tumbal bagi PMI itulah yang sedang diperanginya.

Menurut Benny, PMI menjadi korban kerakusan sindikat yang seharusnya dihentikan.

“Praktik jahat yang dilakukan sindikat ini yang sedang saya perangi. Saya minta Bapak, Ibu, Santriawan, dan santriwati ambil bagian melaporkan jika ada calo yang datang ke desa untuk merekrut PMI. Karena kami sedang memerangi, menghentikan sindikat yang sangat merugikan anak-anak bangsa. Kasihan korban PMI yang dianiaya di luar negeri itu karena berangkatnya tidak resmi,” ujar Benny.

Benny juga memaparkan tentang perubahan besar yang dilakukan BP2MI saat ini.

Untuk menghentikan praktik jahat yang dilakukan sindikat, maka BP2MI menggiatkan sosialisasi ke kampung-kampung. Mengajar masyarakat agar tidak tergoda, tidak dijadikan korban.

Kepala BP2MI Benny Rhamdani terus berupaya mengubah mindset publik dengan melakukan sosialisasi penempatan PMI di Pondok Pesantren, Bandung, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News