Datangi Rumah Duka Tutung Suryadi, Relawan Jokowi Minta Jangan Fitnah Petugas KPPS

Datangi Rumah Duka Tutung Suryadi, Relawan Jokowi Minta Jangan Fitnah Petugas KPPS
Relawan Jokowi menyantuni keluarga almarhum Tutung Suryadi. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok relawan Jokowi ikut berdukacita dengan banyaknya anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang meninggal dunia karena kelelahan dalam mengawal proses demokrasi.

Mereka yang tergabung dalam beberapa organisasi relawan Jokowi berkunjung ke rumah duka untuk berbelasungkawa sekaligus memberikan santunan.

Beberapa organisasi tersebut antara lain Masyarakat Pemerhati Pangan (MAPPAN) Indonesia, Pro Jokowi (Projo), Seknas-Jokowi, Bara-JP, Kornas-Jokowi, Duta Joko Widodo, Almisbat, GK-Jokowi, RPJB, Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) dan Aksi Satu Hati Alumni UI Berbakti.

“Pilpres dan pileg adalah agenda konstitutional mengawal proses politik di Indonesia. Para pelaksananya tak bisa dianggap remeh karena merekalah sejatinya pengawal demokrasi kita. Tanpa mereka, proses demokrasi ini tak bisa berjalan,” kata Sekjen MAPPAN Indonesia Kapriyani, Selasa (30/4) malam, saat ditemui di rumah duka KPPS Kelurahan Tangki, Tamansari, Jakarta Barat, almarhum Tutung Suryadi.

(Baca Juga: 331 Petugas KPPS Meninggal Dunia)

Kapriyani mengatakan, kedatangannya selain untuk berbelasungkawa juga memberi dorongan moral kepada keluarga yang ditinggalkan. Meninggalnya anggota KPPS bisa juga disebut meninggal saat sedang berbuat baik atau husnul khatimah. “Mereka memberikan tenaga, pikiran, dan waktunya agar demokrasi Indonesia tetap kokoh. Mereka menjaga kemaslahatan umat,” katanya.

Kapriyani bersama organisasi lain juga memberikan santunan kepada keluarga almarhum. “Nilai pengabdian mereka tak bisa ditukar dengan uang sejumlah apa pun. Tapi ini bagian dari support kami kepada keluarga korban,” katanya.

Kapriyani menyayangkan, peristiwa meninggalnya para anggota KPPS dipolitisasi pihak-pihak tertentu. Bahkan, ada yang menyebut mereka meninggal karena dibunuh atau ditekan pihak-pihak tertentu. “Kita harus menghormati keluarga yang ditinggalkan. Jangan menambah penderitaan mereka dengan menciptakan fitnah yang keji," tegas Kapriyani.

Relawan Jokowi berharap meninggalnya para anggota KPPS tidak dipolitisasi pihak-pihak tertentu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News