Dear Pemilik Diler Mobil, Survei Google Ini Patut Jadi Pertimbangan

Dear Pemilik Diler Mobil, Survei Google Ini Patut Jadi Pertimbangan
Logo Google. Foto: Dedi Sofian/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menurut hasil survei konsumen Google, waktu tonton konten otomotif di YouTube, meningkat selama pandemi. Khususnya bertema Auto Show.

"Ini data yang baru kita rilis hari ini, bahwa di Indonesia sendiri watch time growth untuk Auto Show di YouTube itu naik 111 persen tahun ini, dibandingkan tahun lalu, lebih dari double kenaikannya," ujar Industry Manager Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho, kepada awak media melalui sambungan virtual.

Video yang sudah banyak ditonton, kata Yudistira, bukan video baru, melainkan video lama, seperti GIIAS 2019 dan Frankfurt Motor Show 2019.

Survei Google tersebut juga menunjukkan bahwa mulai April hingga Juni, jumlah pengguna yang mengharapkan pengalaman pengguna yang menyenangkan di situs web OEM naik dari 21 persen ke 36 persen.

Survei Google juga menunjukkan sebanyak 43 persen konsumen mau membeli mobil via online, dan mayoritas pembeli, yakni sebanyak 71 persen, ingin membeli mobil langsung dari laman resmi diler.

Jumlah tersebut merupakan kenaikan yang sangat pesat jika ketimbang pada 2019, dengan hanya 4 persen konsumen pada saat itu yang siap membeli mobil via online.

Berangkat dari hasil survei konsumen Google yang diikuti oleh 1.000 responden dari dalam dan luar pulau Jawa, dalam situasi sekarang ini produsen mobil perlu mengambil sejumlah langkah penting untuk menaikkan penjualan.

Google menyarankan agar perusahaan otomotif dapat menarik minat pelanggan di masa menantang seperti saat ini, dengan memberikan informasi yang lengkap di situs web resmi perusahaan, dengan fokus khusus pada situs seluler.

Google melakukan survei terhadap kebiasaan baru konsumen otomotif di Indonesia, selama masa pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News