Debat Capres Bayangan

Oleh: Dhimam Abror Djuraid

Debat Capres Bayangan
Ilustrasi bakal capres Pilpres 2024 (dari kiri) Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN

jpnn.com - Dalam dunia tinju ada teknik latihan yang disebut sebagai shadow boxing atau tinju bayangan.

Latihan ini dilakukan dengan mempraktikkan seluruh gerak bertinju yang telah dikuasai, baik pukulan-pukulan dasar maupun pukulan kombinasi yang cepat, dikordinasikan dengan gerak tubuh maupun gerak kaki pada posisi menyerang maupun posisi bertahan, tanpa menghadapi lawan yang sesungguhnya.

Dari shadow boxing bisa dilihat kemampuan teknik seorang petinju. Tinju bayangan tidak menampilkan seluruh kemampuan petinju. Namun, setidaknya kemampuan teknik seorang petinju sudah bisa dilihat dari kemampuannya melakukan shadow boxing.

Pemilihan presiden Indonesia baru dilaksanakan tahun depan. Sudah ada tiga bakal calon presiden yang muncul. Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Penyebutan ini berdasarkan abjad nama, bukan berdasarkan hasil survei popularitas dan elektabilitas yang sering naik turun.

Tiga kandidat itu masih belum bisa disebut sebagai the real candidate atau kandidat yang sebenarnya.

Ketiganya juga belum benar-benar terlibat dalam the real boxing, tinju yang sesungguhnya. Ketiganya lebih tepat disebut sebagai the shadow candidate, dan persaingan yang mereka lakukan masih sebatas shadow competition, meskipun tingkat intensitasnya sudah sangat tinggi.

Ketiganya masih terlibat dalam pertandingan tinju bayangan. Memukul, menghindar, melakukan gerakan clinch, merangkul lawan, tanpa ada lawan yang sesungguhnya.

Tiga petinju bayangan itu sama-sama tampil pada acara Rakernas Apeksi (Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia) di Makassar, Kamis (13/7). Ketiganya tampil di depan wali kota dari seluruh Indonesia, memaparkan pandangan-pandangannya sebagai bakal calon presiden.

Debat bayangan di Makassar bisa disebut sebagai panggung Anies vs Ganjar, two horse race.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News