Debat Emil vs Puti jadi Panas, Begini Reaksi Netizen

Debat Emil vs Puti jadi Panas, Begini Reaksi Netizen
Puti Guntur Soekarno (berdiri) saat debat Pilgub Jatim. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Adu pendapat antara Emil Dardak dan Puti Guntur Soekarno dalam Debat Pilgub Jatim 2018, Selasa (10/4) malam menyita perhatian publik.

Dua kandidat calon wakil gubernur itu jadi bahan omongan, terutama di kalangan warganet. Berdasarkan data Indonesia Indicator, yang memantau perbincangan netizen di media sosial pada Debat Pilgub Jatim, terlihat respons negatif untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak lebih tinggi dibanding Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Soekarno.

Netizen merespons negatif aksi Emil yang terkesan menyerang Puti secara agresif. Awalnya, cawagub pasangan Khofifah Indar Parawansa itu mendapat pujian dari netizen. Emil dianggap sebagai sosok yang mewakili generasi muda (kaum milenial).

Namun pada sesi debat antarcawagub, Emil tak bisa menahan diri saat menjawab pertanyaan dari Puti Soekarno terkait bayi gagal tumbuh atau stunting di Trenggalek di mana Emil menjadi bupati. "Saya bertemu ibu, bayinya terkena stunting," kata Puti menceritakan hasil temuannya saat mengunjungi Trenggalek.

Berdasarkan data resmi Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), Trenggalek memang masuk daftar kabupaten dengan bayi gagal tumbuh alias stunting. Puti berusaha melanjutkan bicara, namun Emil langsung memotongnya. "Mbak Puti jalan-jalan ke Trenggalek datang ke satu desa katanya gizi buruk. Bayi yang mbak datangi itu beneran kategori gizi buruk nggak?" tanya Emil.

Puti kemudian menjelaskan lagi dan menyebutkan desa yang ada bayi stunting-nya. Di Trenggalek memang terdapat sepuluh desa basis bayi gagal tumbuh yang jumlahnya 24-25 persen dari total balita alias di atas batas toleransi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Belum usai menjelaskan soal kondisi stunting itu, Emil kembali memotong pembicaraan Puti yang sudah beberapa kali berkunjung ke Trenggalek. "Bayinya gizi buruk nggak?" ujar Emil. “Mas Emil, stunting terkait lingkungan. Di Trenggalek itu, ada desa yang MCK tidak ada...," kata Puti yang penjelasannya dipotong Emil lagi.

Host debat Alfito Dennova Gintings dan Anisa Dasuki sampai harus mendatangi dan menyudahi aksi Emil. Perdebatan itu membuat respons netizen ke Emil menjadi negatif, berdasarkan data Indonesia Indicator. Netizen kecewa dengan sikap Emil yang agresif.

Dua calon Wakil Gubernur Jawa Timur terlibat adu pendapat sengit saat Debat Pilgub Jatim, Selasa (10/4) malam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News