Debat Harus Jadi Tempat Uji Ketajaman Visi Misi Cagub

Debat Harus Jadi Tempat Uji Ketajaman Visi Misi Cagub
Pasangan cagub-cawagub DKI Jakarta. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Jika tak ada aral melintang, debat terbuka akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jumat (13/1) besok.

Ketiga kandidat Gubernur DKI Jakarta diharap menjadikan debat sebagai tempat menguji ketajaman visi misi dan program sesaui yang didaftarkan tiga paslon ke KPU DKI.

"Jadi dengan adanya debat, masyarakat pemilih dapat membandingkan secara langsung visi misi satu pasangan calon dengan pasangan calon lainnya.”

“Berbeda dengan kampanye saat paslon turun ke masyarakat, informasi yang diterima hanya satu jalur," ujar Koordinator Nasional Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Masykurudin Hafidz di Jakarta, Kamis (13/1).

Karena tempat untuk menguji ketajaman visi misi, Masykurudin menilai debat sebaiknya tidak hanya diukur dari kemampuan paslon menjawab pertanyaan dan merangkai kata-kata.

Tapi sejauh mana gagasan para calon mampu menjadikan DKI Jakarta lebih baik. Karena sebelumya dalam dokumen visi misi yang didaftarkan ke KPU DKI, partai politik pengusung telah mencantumkan gagasan terhadap kemajuan daerah melalui pasangan calon yang diusungnya.

"Suara pasangan calon mencerminkan juga gagasan garis ideologi dan kebijakan partai politik pengusung. Jadi kalau ini yang diutamakan, saya percaya pemilih semakin yakin untuk datang ke TPS menentukan pilihannya," pungkas Masykurudin.(gir/jpnn)


 Jika tak ada aral melintang, debat terbuka akan digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Jumat (13/1) besok.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News