Decluttering, Cara Sederhana Menyelamatkan Bumi dan Berbuat Kebaikan untuk Sesama

Decluttering, Cara Sederhana Menyelamatkan Bumi dan Berbuat Kebaikan untuk Sesama
Kegiatan decluttering di rumah. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Saat ini isu perubahan iklim atau climate change menjadi sorotan di Indonesia maupun di dunia internasional. Isu ini bukan hanya wajib diselesaikan oleh pemerintah saja tetapi juga semua masyarakat sebagai bagian dari penghuni bumi.

Melindungi bumi bisa dilakukan mulai dari hal-hal kecil dan sederhana yang dijadikan kebiasaan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Salah satu hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengurangi sampah rumah tangga yang belum tentu bisa terurai dengan baik bila dibuang ke tempat pembuangan akhir

Bagaimana caranya? Kamu bisa melakukan kegiatan decluttering di rumah. Decluttering adalah upaya untuk menyingkirkan barang-barang tidak terpakai tetapi sebenarnya masih bisa layak pakai.

Hal ini tidak berarti membuang seluruh barang yang terlihat berantakan di rumah melainkan menyortir dan memilah barang agar ruangan pun tampak lebih rapi serta teratur.

Kegiatan decluttering ini sangat penting dilakukan agar kita bisa terhindar dari penumpukan barang-barang yang tak digunakan lagi di rumah.

 Kamu bisa memulai dengan menerapkan pemisahan barang sudah tak terpakai lebih dari tiga bulan.

Di antaranya baju-baju yang sudah tak muat, majalah, koran, buku yang dirasa tak ingin dibaca lagi, sepatu, sandal, dan perlengkapan rumah tangga lainnya. 

Bagi kamu yang hobi berbelanja dan menumpuk barang, dijamin akan merasakan kepuasan batin tersendiri setelah melakukan decluttering.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News