Deddy Mizwar: Masyarakat Desa Lebih Antusias

Deddy Mizwar: Masyarakat Desa Lebih Antusias
'Kucing TPS'. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 usai digelar, Rabu (15/2) kemarin.

Meski begitu aroma pilkada di sejumlah daerah masih terasa. Tak terkecuali di Kabupaten Bekasi.

Hal ini dipantau langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar. Dari peninjauannya, Deddy menyimpulkan bahwa partisipasi masyarakat di wilayah komplek perumahan lebih rendah dibanding partisipasi masyarakat di perkampungan.

Di mana partisipasi masyarakat di daerah komplek perumahan kurang dari 60 persen, sementara masyarakat perkampungan dinilai lebih antusias dengan partisipasi sekitar 80 persen.

“Saya lihat daerah perumahan malah partisipasinya tidak terlalu tinggi, tapi di desa 80 persen an partisipasi masyarakatnya, saya kira berbeda karakter desa di Bekasi dengan di Kabupaten lainnya, karena masalah geografi, saya kira di sini bagus partisipasinya,” ungkap Deddy disela tinjauannya.

Dia menduga hal itu terjadi lantaran warga perumahan lebih antusias untuk berlibur dibanding datang ke TPS untuk mencoblos.

“Jadi berbeda warga perumahan mungkin pada piknik kalau libur, tapi masyarakat desa di Bekasi lebih antusias dalam menyambut Pilkada,” katanya.

Untuk itu, sosialisasi dan pendidikan politik bagi masyarakat perlu lebih ditingkatkan lagi demi menarik partisipasi masyarakat pada Pilkada selanjutnya.

Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2017 usai digelar, Rabu (15/2) kemarin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News