Defisit Meningkat? Tenang, Masih Aman

Defisit Meningkat? Tenang, Masih Aman
Foto: dokumen Indo Pos

jpnn.com - JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memprediksi defisit transaksi berjalan menjadi 2,6 persen dari produk domestik bruto (PDB). Itu berarti naik 0,6 persen dari defisit tahun lalu yang sebesar 2 persen PDB.

Meski demikian, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo menilai kenaikan defisit sebesar 0,6 persen masih aman. Bahkan, jika defisit melebar menjadi 3 persen pun, Perry menilainya masih aman.

Pria kelahiran Sukoharjo itu menilai wajar jika peningkatan aktivitas pembangunan infrastruktur berdampak kenaikan impor, yang pada gilirannya mengerek defisit. Sebab, pembangunan infrastruktur yang masif menuntut tingginya impor bahan baku dan barang modal lain.

”Belanja pemerintah meningkat, investasi pemerintah meningkat, tentu ada dampaknya terhadap transaksi berjalan,” katanya.

Meski defisit diprediksi melebar, Perry menjamin otoritas fiskal dan moneter akan berkoordinasi untuk menjaga keseimbangan kondisi perekonomian. Harapannya, perekonomian tidak overheating gara-gara kenaikan harga komoditas yang masuk komponen inflasi inti, kelebihan demand konsumsi, serta defisit transaksi berjalan yang besar.

Untuk menghindari perekonomian overheating, BI mendorong pemerintah agar mempercepat reformasi struktural di bidang pendapatan dan pengeluaran negara serta meningkatkan investasi pemerintah, pasokan komponen inflasi inti, dan ekspor. Dengan demikian, ekonomi Indonesia ke depan bisa lebih stabil.

”Kami belum melihat adanya suatu bahaya dalam stabilitas makroekonomi,” kata Perry.

Sementara itu, Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) optimistis bahwa upaya pemerintah melakukan reformasi struktural dan menggenjot proyek infrastruktur dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini. Director for Economic Analysis ADB Edimon Ginting yakin bahwa penurunan potensi pertumbuhan ekonomi gara-gara anjloknya harga komoditas global hanya bisa diselesaikan dengan reformasi struktural.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News