Inilah Tipe Mobil MPV yang Masih Laris

Inilah Tipe Mobil MPV yang Masih Laris
Foto ilustrasi.dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Pasar mobil di Indonesia diprediksi tetap dipegang kendaraan multi purpose vehicle (MPV). Meski tren pasar kendaraan sport utility vehicle (SUV) terus meningkat, tidak akan mampu menggeser MPV.

Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Johnny Darmawan menyatakan, MPV masih disukai karena salah satu faktor orang Indonesia membeli mobil lantaran membutuhkan kendaraan yang bisa memuat banyak orang.

’’Gaya hidup orang Indonesia suka pergi-pergi dengan keluarga besarnya. Tidak heran kalau selama bertahun-tahun MPV paling laku,’’ terangnya.

Selera tersebut membuat SUV maupun LCGC (Low Cost Green Car) masih belum dapat menggeser tren MPV hingga beberapa tahun ke depan.

Penjualan kendaraan MPV yang masih tetap laku ialah low MPV yang kapasitas mesinnya di bawah 1.500 cc, menyusul kemudian medium MPV berkapasitas mesin 1.500 cc sampai 1. 800 cc. ’’Untuk sedan, pasarnya masih flat,’’ ucapnya.

General Manager (GM) Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Jimmy Suwandi mengakui, pasar MPV tahun ini masih tetap besar. Apalagi, daya beli masyarakat sudah mulai pulih.

’’Stok 2015 sudah habis terjual pada Januari–Februari lalu. Ini petunjuk bagi kita untuk kembali menggenjot penjualan pada tahun ini dengan produk-produk baru,’’ ujarnya.

Tahun ini Toyota dikabarkan memperkenalkan kendaraan jenis MPV terbaru yang sangat berbeda daripada MPV sebelumnya. Namun, Jimmy menolak membocorkannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News