Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Apresiasi Pertumbuhan Sektor Pertanian Kuartal III

Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Apresiasi Pertumbuhan Sektor Pertanian Kuartal III
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (7/7). Rapat itu membahas program strategis kementrian dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi dampak COVID-19. Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Damanhuri mengapresiasi tumbuhnya sektor pertanian di Kuartal III-2020 yang mencapai 2,15 persen.

Menurutnya, pertumbuhan itu merupakan kado istimewa bagi Bangsa Indonesia yang tengah berjuang memulihkan ekonomi nasional akibat pandemi Covid-19.

"Dalam situasi pandemi Covid-19 ini, sektor pertanian lebih baik karena tidak separah sektor lainya," ujar Damanhuri, Minggu, (15/11).


Damanhuri mengatakan, sektor pertanian terbukti mampu menyelamatkan ekonomi negara dari jurang krisis yang lebih parah.

Pertanian juga bisa dikatakan sebagai pondasi kuat dalam menghadapi kemungkinan krisis global.

"Sepanjang rujukan datanya resmi (BPS), kita (publik) harus percaya (data yang ada valid)," katanya.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis sektor pertanian mengalami pertumbuhan positif, yakni tumbuh sebesar 2,15 persen (y on y).

Pertumbuhan ini tidak lepas dari kondisi harga komoditas pangan kelapa sawit dan kedelai di pasar internasional pada Triwulan III yang mengalami peningkatan secara q to q maupun y on y.

Sektor pertanian tumbuh positif pada Kuartal III-2020. Pencapaian Kementan ini menuai apresiasi dari akademisi. Pertumbuhan jadi kado istimewa Bangsa Indonesia di tengah pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News