Deklarasi Cabor, NOC Indonesia: Tidak Ada Diskriminasi dalam Olahraga

Deklarasi Cabor, NOC Indonesia: Tidak Ada Diskriminasi dalam Olahraga
Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari saat memberikan keterangan dan menyampaikan deklarasi 67 cabor yang memegang teguh Piagam Olimpiade. Foto:Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - NOC Indonesia bersama 67 anggota cabang olahraga menggelar deklarasi di kantor NOC Indonesia, Senayan, Rabu (29/3). Isinya, mereka bersepakat memegang teguh Olympic Charter atau Piagam Olimpiade yang melarang diskriminasi dalam aktivitas olahraga.

Menurut Ketua Umum NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari, pihaknya bersama cabor yang menjadi anggota NOC memiliki sikap yang tegak lurus dengan sikap dari international olympic committee (IOC).

"Kami memiliki 67 anggota yang terafiliasi ke Federasi Internasional, di mana mereka semua juga memiliki statuta yang menjunjung tinggi Piagam Olimpiade yang mengatur tidak boleh ada diskriminasi dalam aktivitas olahraga," katanya.

Okto menegaskan bahwa Indonesia merupakan negara besar yang menjadi anggota G7 dan G20. Tujuan utama cabor-cabor tersebut ialah mengumandangkan Indonesia Raya dan mengibarkan bendera merah putih di seluruh dunia.

"Jangan sampai kita dikerdilkan di pergaulan olahraga internasional karena melakukan diskriminasi di olahraga, terutama kepada atlet. Olahraga adalah aktivitas independen yang mengedepankan sportivitas, respect, dan persahabatan," tegasnya.

Okto membeberkan bahwa Olympic Charter atau piagam Olimpiade mengatur prinsip Fundamental Olympism yang menjamin atlet yang berkompetisi tidak mendapat diskriminasi dalam bentuk apa pun.

Diskriminasi itu meliputi ras, warna kulit, jenis kelamin, orientasi seksual, bahasa, agama, pendapat politik atau hal lain yang berkaitan dengan asal kebangsaan, sosial, properti, kelahiran atau status lainnya.

"Saya rasa melalui kegiatan olahraga, Indonesia harus menunjukkan kedewasaan dalam menempatkan diri di kancah dunia. Apalagi, Indonsia membidik menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2036," tuturnya.

NOC Indonesia memimpin deklarasi bersama 67 cabor anggotanya, tegaskan isi Piagam Olimpiade yang menolak diskriminasi dalam aktivitas olahraga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News