Deklarasi Gotong Royong Melindungi Pekerja dari Dampak PPKM Darurat COVID-19

Deklarasi Gotong Royong Melindungi Pekerja dari Dampak PPKM Darurat COVID-19
Menaker Ida Fauziyah saat menghadiri Deklarasi Gotong Royong. Foto: Humas Kemenaker.

jpnn.com, JAKARTA - Kalangan pimpinan Konfederasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB) meyakini Deklarasi Gotong Royong yang melibatkan pemerintah, Kadin, Apindo, dan pekerja bakal memberikan dampak signifikan bagi buruh di masa PPKM Darurat di Jawa-Bali.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja BUMN Ahmad Irfan Nasution mengatakan deklarasi Gotong Royong menghadapi PPKM Darurat ini banyak memberikan manfaat bagi pekerja/buruh.

Salah satunya dengan kolaborasi pengusaha, industri, dan pekerja/buruh bersama pemerintah, diyakini akan dapat menurunkan angka kasus Covid-19 dan menyelamatkan para pekerja serta keluarganya dari terpapar virus Corona.

"Jika angka kasus Covid-19 sudah landai kembali, maka ketenangan dalam bekerja dapat kembali diperoleh dan produktivitas pun semakin meningkat. Mudah-mudahan deklarasi gotong royong ini dapat memenangkan Indonesia. Indonesia bangkit kembali," kata Ahmad Irfan di Jakarta, Minggu (16/7).

Dia mengatakan komitmen dalam deklarasi gotong royong di tengah kebijakan PPKM dan percepatan vaksinasi Covid-19 perlu didukung masyarakat. Untuk itu, Irfan mengajak semua elemen ikut aktif melakukan langkah-langkah mengendalikan pandemi Covid-19.

Sebab, tujuan deklarasi itu adalah mengatasi tantangan ketenagakerjaan yang dilandasi semangat saling peduli, optimistis, dan bersama-sama bangkit dari dampak pandemi.

"Kehadiran pekerja/buruh dalam deklarasi kemarin, sebagai bukti buruh/pekerja siap berkolaborasi dengan pengusaha dan pemerintah dalam rangka menyukseskan PPKM Darurat dan vaksinasi," ucapnya.

Irfan juga meyakini partisipasi buruh/pekerja dalam situasi PPKM Darurat sebagai solusi bahwa pandemi yang telah menyerang Indonesia sejak awal tahun lalu hingga kini, harus diatasi secara serentak, dan tidak bisa dilawan secara parsial.

Deklarasi Gotong Royong menghadapi PPKM Darurat dinilai banyak memberikan manfaat bagi pekerja/buruh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News