Delapan Jenazah WNI Korban MH17 Teridentifikasi

Delapan Jenazah WNI Korban MH17 Teridentifikasi
Delapan Jenazah WNI Korban MH17 Teridentifikasi

JAKARTA- Delapan di antara 12 jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina Jui lalu berhasil diidentifikasi. Tiga di antaranya, dikabarkan telah dipulangkan kembali ke Indonesia.
   
Tiga orang tersebut adalah Hendri asal Medan, Wayan Sujana asal Bali, dan Supartini asal Karanganyar, Jawa Tengah. Jenazah Supartini tiba di tanah air kemarin (06/09). Sedangkan dua jenazah lainnya, telah dipulangkan pada akhir Agustus lalu.

"Sejauh ini, bersyukur, sudah delapan teridentifikasi dan atas wish keluara korban, sudah ada yang dibawa pulang," ujar Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Kedutaan Besar RI di Den Haag, Vevie Damayanti kemarin.

Vevie enggan memeperinci satu per satu identitas mereka. Ia mengaku tidak memiliki kapasitas untuk memberikan data tersebut. Selain itu, ada beberapa pihak keluarga korban yang meminta untuk tidak dipublikasikan.

Sementara itu, untuk proses pemulangan jenazah yang masih berada di Belanda, ia mengaku masih belum tahu kapan waktunya. Kendati demikian, ia menegaskan bahwa KBRI akan membantu memfasilitasi pemulangan tersebut.

"Mengenai rencana pemulangan, kami dari KBRI bekerjasa dengan MAS (Malaysia Airlines) mengikuti dan memfasilitasi apa yang menjadi keinginan, apa yang menjadi wish keluarga korban," ungkapnya.

Saat disinggung pencairan dana asuransi bagi ahli waris, Vevie mengaku tidak bisa berbicara banyak. Namun, katanya, pihak KBRI akan membantu melengkapi dokumen yang diperlukan untuk bisa mengurus asuransi."

Saat ini, masih ada empat jenazah WNI yang masih dalam tahap identivikasi oleh Tim Disaster Victim Identification (DIV) Belanda. KBRI berjanji akan terus memberikan informasi pada keluarga korban dalam proses identifikasi ini.

Seperti diketahui, MH17 jatuh di wilayah konflik Ukraina pada 17 Juli lalu. Pada peristiwa naas itu, tercatat sebanyak 298 orang tewas, termasuk 12 WNI.

JAKARTA- Delapan di antara 12 jenazah warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban jatuhnya pesawat MH17 di Ukraina Jui lalu berhasil diidentifikasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News