Delapan Ribu Siswa Tak Ikut SNM PTN

Delapan Ribu Siswa Tak Ikut SNM PTN
Delapan Ribu Siswa Tak Ikut SNM PTN

SURABAYA - Panitia SNM PTN menyatakan 401 sekolah di Jawa Timur tidak mengikutsertakan murid-muridnya dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN). Hingga hari terakhir pengisian PDSS kemarin (6/3), ratusan sekolah itu tidak meng-input data siswanya. 

Humas SNM PTN Ismaini Zain menyebutkan, tahun lalu 705 SMA sederajat di Jawa Timur tidak mengikutsertakan siswanya dalam SNM PTN. Artinya, ada penurunan. "Itu data per hari ini (kemarin, Red) yang kami dapat," jelasnya. Dia menyatakan telah menghubungi secara acak sekolah-sekolah yang tidak meng-input data ke pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) itu. 

Kebanyakan ternyata sekolah menengah kejuruan (SMK). Alasannya, antara lain, mereka memang tidak berniat berpartisipasi dalam SNM PTN. Ada pula yang sengaja memilih berkuliah di perguruan tinggi swasta. Diperkirakan jumlah siswa di 401 sekolah yang tidak mengisi PDSS mencapai 7.500 hingga 8 ribu siswa. 

Di antara siswa yang tidak dapat ikut SNM PTN itu, ada 17 murid kelas XII di MA Nurul Khoir Wonorejo. Mereka masih bermasalah dengan nomor induk siswa nasional (NISN). Belasan siswa itu pun tidak bisa mengisikan data ke PDSS dan otomatis tidak dapat ikut SNM PTN. 

SURABAYA - Panitia SNM PTN menyatakan 401 sekolah di Jawa Timur tidak mengikutsertakan murid-muridnya dalam seleksi nasional masuk perguruan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News