Delegasi Kongo Makin Tertarik Pelajari Pengelolaan Gambut

Delegasi Kongo Makin Tertarik Pelajari Pengelolaan Gambut
Delegasi Kongo mengunjungi ITPC di kantor Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Bogor. Foto: Humas KLHK

jpnn.com, BOGOR - Setelah mengunjungi lahan gambut di Pontianak,Kalimantan Barat, Delegasi Kongo mengunjungi lokasi International Tropical Peatland Center (ITPC) di kantor Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Bogor.

Sebelumnya, para delegasi yang dipimpin oleh Menteri Pariwisata dan Lingkungan Hidup, Republik Kongo, Madamme Arlette Soudan Nonault ini, berkesempatan menikmati indahnya pesona berbagai jenis tanaman di Kebun Raya Bogor (KRB).

Selama kunjungan, para delegasi tampak sangat mengagumi potensi tanaman yang terdapat di KRB.

Menteri Arlette menyampaikan apresiasinya atas sambutan yang baik dari Menteri LHK, Siti Nurbaya, beserta jajarannya, selama kunjungannya di Indonesia.

"Kami sangat berterima kasih dan sangat menikmati berbagai kunjungan yang dilakukan," ujar Menteri yang sempat menyapa beberapa peneliti BLI KLHK ini.

Apresiasi juga disampaikan Menteri Arlette, atas inisiatif Indonesia yang tengah membangun ITPC. "Dengan hadirnya ITPC, menjadi peluang yang sangat baik bagi kami untuk mendapat pembelajaran (lesson learned) pengelolaan gambut di Indonesia," tambahnya.

Diceritakannya, negara Republik Kongo dan negara Republik Demokratik Kongo (Democratic Republic of Kongo/DRC), memiliki potensi hutan tropis terpanjamg di dunia, dengan mayoritas lahan gambut sekitar 145.500 km2 dalam kondisi yang baik, mencakup 17% wilayah daratan Kongo, dengan potensi menyerap karbon setara 3 tahun emisi gas rumah kaca dunia.

"Kami disini untuk berbagi dan bertukar pengetahuan, pengalaman, serta membangun kerjasama. Indonesia memiliki pengalaman pengendalian kebakaran di lahan gambut, dan restorasi gambut, dan kami akan belajar dari Indonesia. Indonesia memiliki banyak hal yang dapat ditunjukan, kami ingin mengambil beberapa pelajaran dan informasi terkait hal ini," jelas Menteri Arlette.

Delegasi Kongo mengunjungi lokasi International Tropical Peatland Center di Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News