Delegasi Tripartit Indonesia Bakal Hadiri ILC Ke-110 di Swiss

Delegasi Tripartit Indonesia Bakal Hadiri ILC Ke-110 di Swiss
Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menegaskan delegasi Indonesia bakal mengikuti ILC ke-110 di Swiss pada 6-11 Juni 2022.

jpnn.com, JAKARTA - Delegasi Indonesia akan mengikuti Konferensi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-110.

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menyatakan, sidang pleno dilaksanakan pada 6 sampai 11 Juni 2022 secara hybrid dan akan dihadiri anggota ILO secara terbatas di Jenewa, Swiss, dan sisanya akan mengikuti melalui sambungan video.

“Sejak pandemi Covid-19, penyelenggaraan ILC dilakukan secara virtual. Tahun ini, ILC diselenggarakan secara hybrid dengan pembatasan jumlah kehadiran fisik delegasi," kata Anwar, Selasa (31/5).

Karena itu, pada ILC ke-110, rencananya Menaker Ida Fauziyah hadir secara fisik.

Ida bakal menyampaikan pernyataan nasional Indonesia pada sesi pleno.

Anwar Sanusi mengatakan, ILC merupakan pertemuan rutin dan forum tertinggi Organisasi Ketenagakerjaan Internasional atau International Labour Organizational (ILO) yang menetapkan kebijakan internasional mengenai ketenagakerjaan.

Anwar Sanusi menjelaskan, agenda pertemuan ILC terbagi menjadi agenda tetap yang terdiri dari Laporan Ketua Governing Body (GB) ILO dan Dirjen ILO; Pembahasan usulan program dan anggaran ILO; serta Informasi dan laporan mengenai Konvensi dan Rekomendasi.

Tahun ini, pertemuan ILC memasuki sesi ke-110. Rangkaian pertemuan terdiri dari sesi pleno, serangkaian pertemuan komite, group, GB ke-344 bis Session dan GB ke-345.

Delegasi Tripartit Indonesia bakal menghadiri ILC ke-110 di Swiss pada 6 sampai 11 Juni 2022

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News