Delegasi Y20 Mengesahkan Communique di Gedung KAA Bandung, Simak!

Delegasi Y20 Mengesahkan Communique di Gedung KAA Bandung, Simak!
Delegasi Y20 (engagement group pemuda G20) secara resmi mengadopsi dan menandatangani Komunike Y20 2022. Foto dok Y20

jpnn.com, BANDUNG - Delegasi Y20 (engagement group pemuda G20) secara resmi mengadopsi dan menandatangani Komunike Y20 2022, setelah berbulan-bulan bernegosiasi dan berkolaborasi.

Pleno terakhir dan penandatanganan berlangsung di Gedung Konferensi Asia Afrika (KAA).

Isu pertama yang menjadi pembahasan utama delegasi Y20 adalah Sustainable and Livable Planet. Isu ini dipresentasikan oleh delegasi Argentina, Tomás Listrani Blanco.

"Dalam communique yang diumumkan, delegasi Y20 untuk Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni mendesak para pemimpin negara G20 untuk segera mengadopsi proposal untuk pemulihan dan transisi yang adil, dengan memprioritaskan orang dan wilayah yang paling terkena dampak," ujar Head of Communications Y20 Indonesia Pangeran Siahaan.

Kedua, memastikan semua teknologi adalah sumber dan data terbuka untuk tantangan global, termasuk adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, hilangnya keanekaragaman hayati, dan kesiapsiagaan dan respons epidemi, untuk memajukan kolaborasi multilateral dalam mencari solusi untuk mengatasi krisis.

Dalam rekomendasi kebijakan yang disampaikan oleh delegasi Indonesia, Marshiella Pandji, digarisbawahi peluang dan tantangan lapangan kerja bagi kaum muda yang sangat penting untuk era pasca-COVID-19.

Delegasi menuntut para pemimpin negara G20 untuk mengambil tindakan dengan melibatkan pemangku kepentingan dan mendorong inklusivitas kepada kelompok yang kurang beruntung.

Di antara poin-poin ini adalah jaring pengaman sosial di mana delegasi merekomendasikan untuk menghilangkan kesenjangan perlindungan bagi pekerja muda yang rentan, termasuk mereka yang baru pertama kali memulai kerja.

Y20 menggarisbawahi pentingnya konektivitas yang bermakna dan bagaimana membuat partisipasi di ranah digital dapat diakses oleh semua orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News