Demak Siap 100 Persen Gelar GPN 2017

Demak Siap 100 Persen Gelar GPN 2017
Suasana pengambilan tanah dan air di Demak. Foto: istimewa

jpnn.com, DEMAK - Demak siap 100 persen menggelar rangkaian kegiatan Gowes Pesona Nusantara (GPN) 2017.

Edisi Demak menjadi pekan pamungkas, sebelum ditutup prosesi GPN 2017 di Hari Olahraga Nasional, 9 September.

GPN di Demak akan digelar pada Minggu (3/8). Sederet acara pun sudah disiapkan panitia sebelum bendera start dikibaskan tanda dimulainya etape GPN di kota Wali. 

“Acara akan dimulai dengan senam bersama. Selanjutnya juga akan ada penyerahan tanah dan air, yang berasal dari Bumi Perdikan Kadilangu,” kata Zulham Afandi, Staf Bidang Pembinaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Demak, Sabtu (2/8).

Tanah dati Demak diambil di Bumi Perdikan Kadilangu. Wilayah tersebut merupakan bagian Kabupaten Demak yang tidak pernah dikuasai oleh penjajah. Tanah dari Perdikan ini melambangkan semangat menjaga kemerdekaan bumi pertiwi dari segala bentuk penjajahan.

Sementara air yang akan diserahkan berasal dari sumur Penguripan peninggalan Sunan Kalijaga.

Diprediksi, etape Tilas Kesultanan Demak dan Sunan Kalijaga ini akan diikuti oleh sekitar 3.000 orang.

Peserta akan menempuh jarak 12 km, yang dimulai dari Stadion Pancasila dan finish di Alun-alu Demak. Sepanjang rute itu, peserta akan melewati Sentra Jambu Merah Delima, Sentra Jambu Citra, tilas Sunan Kalijaga, Kesultanan Demak, dan berakhir di alun-alun Demak.

Sebelum peserta menggowes sepeda mereka, juga akan ada simbolisasi pencanangan budaya hidup sehat dan lingkungan bersih. Sejumlah kesenian daerah juga akan menyemarakkan GPN di kota Wali ini. Murid-murid dari SMPN 02 Demak akan mementaskan tari Gambyong. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News