Demam Berdarah Bisa Menular Melalui Hubungan Suami Istri?

Demam Berdarah Bisa Menular Melalui Hubungan Suami Istri?
Pasangan suami istri. Ilustrasi. Foto Pixabay

jpnn.com - Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit yang kerap muncul saat musim penghujan tiba. Tentunya, ini adalah kondisi penyakit yang berbahaya dan masuk dalam kategori mematikan jika tidak segera ditangani. 

Meski begitu, penyakit yang satu ini tidak menular secara langsung dari satu orang ke orang lain. Namun, penelitian terbaru menyatakan bahwa DBD bisa ditularkan melalui hubungan suami istri.

Dikutip dari laman Liputan6, sebuah otoritas kesehatan di Spanyol mengonfirmasi bahwa kasus penyebaran demam berdarah bisa ditularkan melalui hubungan suami istri. Kenyataannya, ini menjadi kasus pertama di dunia yang menyebutkan bahwa DBD bisa ditularkan selain dari nyamuk aedes aegypti. 

Fakta medis soal penularan DBD lewat berhubungan suami istri

Seseorang dari Departemen Kesehatan Madrid bernama Susana Jimenez mengungkapkan bahwa kasus tersebut terjadi pada seorang pria 41 tahun. Dia diketahui terjangkit DBD setelah berhubungan dengan pasangan prianya yang sebelumnya diketahui sudah terkena gigitan nyamuk saat mereka pergi ke Kuba. 

Pria berusia 41 tahun tersebut tidak melakukan perjalanan ke luar negeri sama sekali, sehingga membuat dokter jadi kebingungan. 

Gejala yang ditimbulkan pun sangat mirip dengan gejala DBD seperti demam tinggi dan sakit di sekujur tubuh. Namun, pasangan pria yang disebut ‘menularkan’ DBD, memiliki gejala lebih ringan setelah dirinya pulang dari Kuba dan Republik Dominika. 

Setelah melakukan beberapa tes medis termasuk mengecek air mani kedua pria tersebut, dokter menemukan bahwa tidak hanya DBD yang mereka derita, tapi juga virus yang saat itu sedang beredar di Kuba. 

Penyakit demam berdarah tidak menular secara langsung dari satu orang ke orang lain. Namun, penelitian terbaru menyatakan bahwa DBD bisa ditularkan melalui hubungan suami istri.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News