Ekuador vs Argentina

Demi Harga Diri Lionel Messi

Demi Harga Diri Lionel Messi
Lionel Messi (10). Foto: from espn

jpnn.com, QUITO - Tiga poin jadi harga mati buat Lionel Messi dkk dalam laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2018, Rabu (11/10) pagi WIB, bila masih ingin meneruskan tradisi Argentina selalu lolos ke putaran final Piala Dunia sejak edisi 1974.

Bahkan, menang saja belum tentu lolos langsung ke Rusia 2018. Apalagi seri bahkan kalah. Semua tidak akan berjalan mudah. Dalam empat laga tim polesan Jorge Sampaoli itu tidak pernah menang dengan tiga imbang dan sekali kekalahan. Bahkan, mereka hanya mencetak satu gol dan kebobolan tiga kali.

Tentu ada yang salah dengan Argentina, terutama performa lini depan. Siapa pun tahu bahwa barisan penyerang kampiun Piala Dunia dua kali itu salah satu yang paling dahsyat di dunia. Selain Messi, ada Angel Di Maria, Mauro Icardi, dan Paulo Dybala.

Tapi, justru di situ permasalahannya. Sampaoli disinyalir belum bisa menyatukan deretan bintang tersebut ke dalam tim. Bahkan, pasca imbang kontra Peru (5/10) pelatih 57 tahun itu beserta semua pemain sepakat untuk silenzio stampa kepada wartawan.

Meski kondisi timnya sedang genting, bukan Sampaoli namanya kalau tidak nyentrik dan optimistis. ''Saya semangat menyongsong yang akan datang (melawan Ekuador, Red),'' ujar Sampaoli sesaat setelah laga kontra Peru seperti dilansir La Gaceta. ''Tim tidak pernah kehilangan semangat dan mereka berhak untuk mendapat apresiasi. Kami akan menang di Ekuador,'' bebernya.

Boleh saja eks pelatih timnas Chile itu yakin. Namun, Argentina dibayangi catatan kurang apik saat harus berlaga melawan Ekuador di Estadio Olimpico Atahualpa yang terletak di Quito. Stadion berkapasitas 35.742 itu terletak di ketinggian 2,782 meter di atas permukaan laut.

Minimnya pasokan oksigen di Quito membuat Argentina memilih untuk berangkat ke Quito beberapa jam saja sebelum kick off. Mereka dari kemarin memilih untuk menginap dan latihan di kota Guayaquil yang datarannya lebih rendah daripada Quito. Itu dilakukan untuk meminimalisasi efek yang mungkin terjadi bila terlalu lama berada di Quito karena Argentina yang belum terbiasa bermain di dataran tinggi.

Hal itu didukung rekam jejak mereka selama berlaga di Estadio Olimpico Atahualpa sejak milenium baru. Tercatat, Argentina hanya menang sekali pada 14 Agustus 2001 juga di ajang kualifikasi Piala Dunia. Empat laga berikutnya, mereka tidak pernah menang dengan dua imbang dan dua kali kalah.

Argentina akan berhadapan dengan Ekuador, Rabu (11/10) mulai pukul 06.30 WIB

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News