Demi Keselamatan, Pilot Batik Air Melakukan Pengalihan Pendaratan

Demi Keselamatan, Pilot Batik Air Melakukan Pengalihan Pendaratan
Batik Air. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Corporate Communications Strategic of Batik Air Danang Mandala Prihantoro mengatakan bahwa keputusan pilot melakukan pengalihan pendaratan ke Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara, adalah untuk memastikan keselamatan dan keamanan. 

Sebab, ada indikator di pada kokpit yang menunjukkan komponen pada salah satu mesin pesawat perlu dilakukan pemeriksaan. 

Hal itu diungkap Danang dalam siaran pers, terkait Batik Air ID-6897 rute Banda Aceh-Jakarta yang mendarat darurat di Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumut, Minggu (29/8). 

“Dalam memastikan keselamatan dan keamanan penerbangan ID-6897, pilot memutuskan untuk untuk melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO), dikarenakan ada indikator pada kokpit yang menunjukkan komponen pada salah satu mesin pesawat perlu dilakukan pengecekan atau pemeriksaan,” kata Danang. 

Pesawat udara sudah mendarat normal di Bandara Internasional Kualanamu pukul 11.49 WIB. 

“Setelah pesawat parkir pada tempatnya, seluruh tamu diarahkan menuju ruang tunggu guna mendapatkan informasi lebih lanjut,” ungkapnya.

Danang menyatakan operasional dan layanan penerbangan telah dijalankan dan dioperasikan menurut standar operasional prosedur.

Dia memastikan bahwa Batik Air senantiasa patuh menjalankan operasional dan layanan penerbangan berdasarkan ketentuan atau peraturan yang berlaku dengan tetap memperhatikan faktor-faktor yang memenuhi aspek keselamatan keamanan serta pedoman protokol kesehatan. 

Batik Air member of Lion Air Group mengatakan pengalihan pendaratan yang dilakukan pilot adalah demi memastikan keselamatan dan penerbangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News