Demi Kesempurnaan Upacara HUT RI, Paku Payung Pun Disebar di Istana

Demi Kesempurnaan Upacara HUT RI, Paku Payung Pun Disebar di Istana
Ilustrasi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - KESEMPURNAAN gerakan dan kerapian barisan menjadi ciri khas upacara HUT RI di Istana Negara. Untuk menciptakan kesempurnaan dan kerapian itu, ternyata ada kiat tersendiri.

Kolonel Inf Joko Slamet, Asop Kasgartap I Jakarta menyebutkan, pihaknya sudah melakukan setting di lapangan istana. Agar gerakan rapi, posisi pasukan tepat, dan alur para Paskibraka sesuai dengan jalurnya.

Selain setting dan latihan terus menerus, ada juga cara lain, yakni dengan menempatkan tanda-tanda di lapangan. Apa itu? Joko menyebut di setiap posisi pasukan, ditandai dengan paku payung yang diberi warna.

"Nanti banyak paku payung ditaruh, itu kan lapangan ada yang rumput, jadi biar kelihatan ditancepin paku payung, di kasih warna, jalannya juga gitu, kelihatan nanti ada batasnya, jadi biar pas," tutur dia.

Untuk haluan, jika di lapangan latihan PON Cibubur ada garis yang dibuat di tengah jalur lapangan, di Istana nanti juga demikian. Tapi garisnya samar, hanya terlihat oleh pasukan saja.

"Kami memang ingin sempurna. Jadi untuk menekan kesalahan, ya itu salah satu caranya. Bukan hanya latihan di lapangan yang sama dengan ukuran lapangan istana di Cibubur," tandasnya. (dkk/jpnn)


KESEMPURNAAN gerakan dan kerapian barisan menjadi ciri khas upacara HUT RI di Istana Negara. Untuk menciptakan kesempurnaan dan kerapian itu, ternyata


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News