Demi Pemilu, Kepres Pelengseran Bupati Karo Harus Dikebut

Demi Pemilu, Kepres Pelengseran Bupati Karo Harus Dikebut
Demi Pemilu, Kepres Pelengseran Bupati Karo Harus Dikebut

jpnn.com - JAKARTA - Giliran politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nasril Bahar mendesak agar proses pelengseran Bupati Karo Kena Ukur Surbakti segera beres. Alasannya, jika terus berlarut-larut, kondisi perpolitikan di Karo bisa tidak kondusif dan mengganggu pelaksanaan pileg 9 April mendatang.

Karenanya, Nasril mendesak agar Gubernur Sumut Gatot Pujonugroho segera meneruskan keputusan paripurna DPRD Karo ke Mendagri Gamawan Fauzi dan selanjutnya diserahkan ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk diterbitkan Kepres pengesahan pelengseran Kena Ukur dari jabatannya.

"Tahapan itu harus cepat sehingga wakil bupati segera bisa diangkat menjadi bupati definitif. Peran bupati penting di masa pemilu karena dia punya tanggung jawab mengkoordinasikan kelancaran dan keamanan pemilu di daerah," ujar Nasril Bahar kepada JPNN kemarin.

Dia juga mengingatkan, jika nantinya Kepres pelengseran Kena Ukur sudah keluar, Mendagri Gamawan Fauzi juga harus cepat mengeluarkan SK pengangkatan Wakil Bupati Karo Terkelin Brahmana sebagai Plt bupati.

Setelah itu, DPRD Karo juga harus langsung gerak cepat dengan menggelar paripurna lagi untuk mengusulkan pengangkatan Plt Bupati Terkelin sebagai bupati Karo definitif.

"Jadi, semua harus gerak cepat. Pusat cepat, kawan-kawan di DPRD Karo juga harus gerak cepat," saran anggota DPR RI itu.

Dikatakan juga, langkah cepat ini juga penting agar roda pemerintahan di Karo segera berjalan normal. "Seperti APBD 2014, itu sampai sekarang juga belum ada. Kalau semua proses cepat, bupati dan DPRD bisa segera membahas APBD. APBD ini sangat penting," cetusnya. (sam/jpnn)


JAKARTA - Giliran politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Nasril Bahar mendesak agar proses pelengseran Bupati Karo Kena Ukur Surbakti segera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News