Demi Pilpres 2019, Amien Rais Jalankan Strategi Politik Agresif dan Frontal?

Demi Pilpres 2019, Amien Rais Jalankan Strategi Politik Agresif dan Frontal?
Amien Rais. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dinilai tengah menjalankan strategi politik yang cenderung agresif dan frontal.

Pasalnya, pemilihan presiden masih dua tahun lagi. Namun ‎pendiri partai berlambang matahari tersebut secara terbuka telah mengajak umat Islam memilih Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto pada Pilpres 2019 mendatang.

"Pak Amien saya kira tengah menjalankan manuver politik yang agresif dan frontal. Karena walau bagaimanapun, ia masih memegang pengaruh di lingkungannya, walau semakin tergerus. Tapi saya akui manuvernya ini langkah yang cerdik," ujar Sekretaris Jenderal Serikat Kerakyatan Indonesia (Sakti) Girindra Sandino kepada JPNN.com, Selasa (25/7).

Girindra mengemukakan pandangannya, karena dalam ilmu politik diketahui ada dua hal mendasar yang dibutuhkan untuk membangun kekuatan politik. Yakni modal kapital atau uang dan modal sosial yang mengedepankan akumulasi dari kredibilitas, popularitas dan jaringan di masyarakat.

"Kedua hal ini sangat penting. Misalnya modal kapital, dibutuhkan untuk melakukan marketing politik besar-besaran melalui media massa, pengerahan massa dan lain-lain," ucapnya.

Menurut Girindra, politikus yang cerdik biasanya pasti sudah berhitung. Namun tak bisa dipungkiri, selalu ada kaum oportunistik atau petualang politik yang melakukan manuver lebih awal, agresif dan frontal demi kepentingan tertentu.

Kemudian terkait modal sosial, Girindra juga menilai sangat penting. Karena legitimasi politik dimiliki ketika seseorang mendapat dukungan massif dari masyarakat, organisasi kemasyarakatan.

"Modal sosial adalah pengakuan, perhatian dan ketenaran dalam masyarakat. Saya kira inilah yang sedang dibangun Pak Amien," pungkas Girindra.(gir/jpnn)


Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dinilai tengah menjalankan strategi politik yang cenderung agresif dan frontal.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News