Demi Produk Dalam Negeri, Kemenkominfo Beri Dukungan Penuh kepada LKPP

Demi Produk Dalam Negeri, Kemenkominfo Beri Dukungan Penuh kepada LKPP
Menteri Komunikasi Johnny G Plate. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, NUSA DUA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate memberikan dukungan kepada Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk memfasilitasi seluruh belanja kementerian/lembaga dan pemerintah daerah melalui e-katalog.

Menurut Johnny, dukungan itu diberikan berupa penyiapan aplikasi, bandwidth, dan pusat data.

Dia juga menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para kepala daerah membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta Ultra Mikro (UMi) untuk mendaftarkan produk ke e-katalog LKPP

"Setidaknya, di akhir tahun ini minimum sudah tersedia satu juta produk dalam daftar e-katalog yang saat ini hampir 200 ribu," kata Johnny dalam Konferensi Pers: Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia 2022, yang berlangsung hibrida dari Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3).

Johnny mengatakan ekosistem digital perlu digunakan secara maksimal untuk mendukung produk-produk dalam negeri. Baik itu teknologi informasi, pusat data, maupun hilir dari teknologi informasi.

"Seperti digital payment, maka tadi juga disampaikan untuk memakai dan memanfaatkan QR Indonesian Standar yang diterbitkan Bank Indonesia sebagai alat dan mekanisme pembayaran digital untuk mempermudah transaksi belanja,” terangnya.

Eks Anggota DPR RI itu mengatakan pemerintah daerah diminta segera menyiapkan semacam debit card untuk memperlancar kebutuhan belanja daerah.

Untuk itu, Kemenkominfo memberikan dukungan secara afirmatif untuk alokasi anggaran pendapatan belanja negara (APBN) sektor komunikasi dan informatika.

Kemenkominfo mendukung LKPP untuk memfasilitasi belanja kementerian/lembaga dan pemda melalui e-katalog yang berisi produk dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News