Demokrat Ajak Capres Alternatif Masuk Parpol

Demokrat Ajak Capres Alternatif Masuk Parpol
Demokrat Ajak Capres Alternatif Masuk Parpol
JAKARTA - Partai Demokrat mengajak tokoh kandidat capres alternatif untuk merapat ke parpol. Ajakan tersebut dianggap sebagai jalan keluar ketika ikut mendukung dipertahankannya angka presidential threshold 20 persen dalam UU Pilpres.

Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, sikap partainya yang mendukung syarat parpol atau gabungan parpol mengajukan capres-cawapres minimal memiliki 20 persen kursi di parlemen tersebut dianggap sebagai upaya menghadang munculnya calon alternatif. "Ya, kan calon alternatif bisa maju lewat partai politik yang ada, yang independen bisa merapat," ujar Syarief di kompleks parlemen kemarin (9/10).

Menurut Syarief, sikap partainya tersebut dilandasi keinginan memperkuat legitimasi politik presiden terpilih. Jika syarat pengajuan capres terlalu rendah, hasilnya justru berpotensi menjadikan pemerintahan mendatang sulit berjalan efektif. "Jadi, ingin memperkuat legitimasi itu," tandas menteri koperasi dan UKM itu.

Atas posisi sikap tersebut, Syarief juga berharap partai-partai lain di sekretariat gabungan (setgab) punya semangat yang sama. Namun, dia menyadari, hingga saat ini masih ada sejumlah partai menengah di setgab koalisi pemerintahan yang menginginkan syarat presidential threshold cukup 3,5 persen. "(UU) yang sudah ada bagus, yang bagus itu (saja) yang kita jalankan," ajak sekretaris setgab koalisi itu. 

JAKARTA - Partai Demokrat mengajak tokoh kandidat capres alternatif untuk merapat ke parpol. Ajakan tersebut dianggap sebagai jalan keluar ketika

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News