Demokrat Masuk, Bukan Berarti PDIP Aman

Demokrat Masuk, Bukan Berarti PDIP Aman
Demokrat Masuk, Bukan Berarti PDIP Aman

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Komisi II dari Fraksi PDIP, Zainun Ahmadi mengatakan hasil rapat tim perumus RUU Pilkada hari ini, Rabu (23/9) akan dibawa ke rapat kerja bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) guna mengambil keputusan tingkat I.

"Kemarin, Senin (22/9), rapat tim perumus (timus) RUU Pilkada sudah berakhir. Hari ini, hasilnya dibawa ke rapat kerja pengambilan keputusan tingkat I," kata Zainun Ahmadi, di gedung DPR, komplek Parlemen, Senayan Jakarta, Selasa (23/9).

Sementara di luar timus, terjadi perubahan dimana Partai Demokrat melalui Ketua Umumnya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setuju Pilkada Langsung. Di sisi lain lanjutnya, Partai Demokrat di Panja belum menarik dukungannya terhadap Pilkada oleh DPRD.

"Apakah setelah SBY menyatakan dukungan pilkada langsung akan diikuti oleh perubahan sikap Fraksi Demokrat di DPR? Ini juga masih dipertanyakan. Tapi dengan masuknya Demokrat sebagai pendukung Pilkada langsung, bukan berarti PDIP aman," ujarnya.

Pernyataan SBY dukung Pilkada langsung menurut Zainun Ahmadi, tidak diinstruksikan secara langsung, hanya di youtube. "Tidak secara langsung perintahkan ke seluruh jajaran. Yang ngomong langsung itu Syarif Hasan, ketua harian. Sementara SBY ke luar negeri," kata Zainun Ahmadi.

Selain itu, hanya 35 dari seluruh anggota Fraksi Demokrat (148 kursi) terpilih kembali jadi anggota DPR periode 2014-2019. "Artinya yang tidak terpilih lagi bisa tidak memberikan suaranya mendukung pilkada langsung, atau tidak datang," ujarnya.

Hanya PDIP, PKB, dan Hanura yang hingga kini konsisten mendukung Pilkada Langsung. "PAN dan PPP kemungkinan besar tetap Pilkada tidak langsung karena pengaruh Amien Rais sangat luar biasa di PAN," jelasnya.

PPP lanjutnya, tetap juga masih sama. Kalau ada yang nyeleneh, mereka tidak akan mau nasibnya seperti Gus Choi dan Lili Wahid. "Dengan hitung-hitungan seperti di atas, partai politik yang memilih pilkada langsung kemungkinan tetap kalah," tegas Zainun Ahmadi.

JAKARTA - Anggota Komisi II dari Fraksi PDIP, Zainun Ahmadi mengatakan hasil rapat tim perumus RUU Pilkada hari ini, Rabu (23/9) akan dibawa ke rapat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News