Demokrat NTB Soroti Proyek DAK Dinas Pendidikan yang Tidak Rampung

Demokrat NTB Soroti Proyek DAK Dinas Pendidikan yang Tidak Rampung
Sejumlah pengurus Partai Demokrat NTB. Foto: Edi Suryansyah/JPNN.com

jpnn.com - Proyek pembangunan sekolah yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi NTB mendapatkan sorotan dari Partai Demokrat. 

Bagaimana tidak, sampai dengan penghujung tahun nyatanya masih banyak juga sekolah penerima dana tersebut yang belum rampung. 

Padahal, proyek dengan anggaran ratusan miliar tersebut dijadwalkan berakhir hingga 31 Desember 2022 atau tinggal sehari saja.

Ketua Badan Hukum dan Pengamanan Partai (BHPP) Demokrat, Imam Sofian mengungkap beberapa kejanggalan mulai perencanaan hingga pelaksanaan DAK.

Dia menilai bahwa sejak awal proyek pengerjaan DAK tersebut telah berseliweran dugaan fee atau uang pelicin DAK Dikbud. Ditambah lagi dengan sistem pengumuman tender yang tertutup. 

"Karena sejak awal telah berseliweran fee soal DAK ini, kemungkinan itu penyebab molornya pengerjaannya," katanya, kepada JPNN pada Jumat (30/12).

Dari hasil pengamatannya, banyak proyek yang seharusnya dikerjakan pada bulan September itu, justru dimulai dieksekusi Oktober.

Atas hal itulah, proyek DAK ini tidak bisa dijalankan sesuai dengan perencanaan pemerintah pusat. 

ia juga melihat pelaksanaan DAK Dikbud ini sejak awal telah cacat administrasi, begitu juga dengan teknisnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News