Demokrat Siapkan Tempat Bermain Anak dan Pijat untuk Pemudik

Demokrat Siapkan Tempat Bermain Anak dan Pijat untuk Pemudik
Salah satu posko Partai Demokrat untuk para pemudik. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Divisi Tanggap Darurat dan Bantuan Kemanusiaan DPP Partai Demokrat kembali menerjunkan tim membantu para pemudik pada Lebaran 2017 ini.

Partai berlambang bintang mercy itu mendirikan posko kesehatan lengkap dengan dokter umum, obat-obatan. Posko disiapkan di beberapa titik jalur mudik seperti Tol Kopo, Jalan Nagrek, Cikampek hingga wilayah Sulawesi Tenggara.

Ketua Divisi Tanggap Darurat dan Bantuan Kemanusiaan DPP PD Umar Arsal mengatakan tim yang diberinya nama Rajawali Siaga Bencana (Ragana) sudah siap membantu para pemudik. Mulai 21 Juni 2017 hingga sehari setelah Lebaran tim mendirikan lima posko lengkap dengan tim dokter, alat kesehatan dan obat-obatan penangulangan pertama.

"Bahkan kami siapkan lengkap dengan fasilitas istirahat, tempat bermain anak-anak, pijat refleksi, kue-kue untuk para pemudik yang kelelahan," kata Umar, Rabu (21/6).

Anggota Komisi V DPR Fraksi PD itu mengatakan, tim ini sudah terbiasa dan terlatih dalam membantu pertolongan utama musibah kecelakaan.

Karena mereka juga sudah terdidik dan terlatih oleh Palang Merah Indnesia (PMI) dan rumah sakit serta Korlantas Polri dalam upaya memberikan pertolongan.

“Sehingga posko yang didirikan Partai Demokrat dapat dimanfaatkan oleh para pemudik,” paparnya.

Umar meminta instansi terkait seperti Kemenpupera, Kemenhub, Korlantas Polri, meminta tetap mewaspadai kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi kembali. Di antaranya kemacetan panjang hingga 15 kilometer yang mengakibatkan para pemudik kelelahan.

Divisi Tanggap Darurat dan Bantuan Kemanusiaan DPP Partai Demokrat kembali menerjunkan tim membantu para pemudik pada Lebaran 2017 ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News